Pastikan Kesiapan Laksanakan Pemilu, KPU Klaten Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS

 SOSIAL & POLITIK

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Klaten hari Rabu (27/12/2023) menyelenggarakan kegiatan sosialisasi dan simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilihan Umum anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2024  bertempat di halaman gedung Sekolah Dasar Negeri 2 Ketandan, kecamatan Klaten Utara.

Seluruh komisioner KPU Kabupaten Klaten beserta jajaran sekretariat terlihat hadir di lokasi dan mempersiapkan semua sarana dan alat yang diperlukan untuk pelaksanaan simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara.

Ketua KPU Kabupaten Klaten, Primus Supriyono kepada Lintassolorayanews.com menjelaskan, hari ini KPU Kabupaten Klaten melaksanakan sosialisasi dan simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara dalam rangka menghadapi Pemilu tanggal 14 Februari 2024.


Menurut Primus Supriyono, hal ini dilakukan agar warga masyarakat lebih awal mengetahui bagaimana pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara saat pemilu besok. Bukan hanya itu, diharapkan warga juga mengetahui bagaimana tata cara menggunakan hak suara di TPS, Siapa saja calon wakil mereka yang ikut dalam pemilu sebagaima tercantum dalam DCT dan siapa pasangan calon presiden dan wakil presiden yang menjadi peserta pemilu tahun 2024.

Lebih lanjut dijelaskan oleh Primus Supriyono, TPS 11 Desa Ketandan yang dijadikan sebagai lokasi simulasi Pemungutan dan Penghitungan suara ini adalah satu satunya TPS di Klaten yang menjadi lokasi simulasi.

” Hal ini dikarenakan, di TPS ini terdapat pemilih dengan berbagai macam keragaman, antara lain di TPS ini ada pemilih penyandang disabilitas, ada pemilih yang berkebutuhan khusus seperti para lansia dan juga banyak pemilih pemula juga di TPS ini. Kondisi seperti ini mendekati kondisi riil TPS pada saat pelaksanaan coblosan besok..” jelas Primus Supriyono.

Terkait dengan kesiapan logistik pemilu saat ini, Primus Supriyono menjelaskan saat ini baru pada tahap menunggu kedatangan surat suara dari KPU Pusat ke KPU Kabupaten atau Kota. Setelahnya surat suara tiba seluruhnya, kemudian dilakukan penyortiran untuk memisahkan surat suara yang rusak dan yang tidak. Selanjutnya dilakukan pelipatan surat suara. Sementara untuk kotak suara dan bilik suara semua sudah siap didistribusikan ke TPS.

Mengenai kesiapan para petugas KPPS, Primus Supriyono menjelaskan bahwa saat ini sudah dilakukan rekruitmen tenaga KPPS. Semua KPPS untuk seluruh wilayah kabupaten Klaten sudah terpilih, tinggal dilakukan bimbingan teknis (bimtek) bagi para KPPS agar mereka siap melaksanakan tugasnya pada hari pemungutan dan penghitungan suara.

Sebagai informasi, pada pemilu tanggal 14 Februari tahun 2024 besok, di wilayah kabupaten Klaten ada sejumlah 4.198 TPS dan satu TPS Khusus yaitu TPS di Lapas Klaten.(Jon’s)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply