Anggota DPD RI, Ir. Bambang Sutrisno : ” Pendidikan Sangat Penting Bagi Kemajuan Suatu Bangsa..”

 NASIONAL

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Jajaran Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Klaten, hari Selasa (26/12/2023) menyelenggarakan kegiatan Refleksi Akhir Tahun 2023 dan Silaturahmi dengan anggota DPD RI bertempat di sebuah resto di desa Wunut kecamatan Polanharjo.

Seluruh jajaran pengurus FKUB Kabupaten Klaten hadir dalam acara refleksi akhir tahun ini. Ditambah beberapa anggota FKUB dari unsur perwakilan perempuan. Direncanakan akan hadir juga dari perwakilan pemerintah kabupaten Klaten yaitu Asisten satu bidang Pemerintahan dan Kesra Sekda Kabupaten Klaten dan Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Klaten. Terlihat hadir anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI), Ir. Bambang Sutrisno bersama istri.

Ketua FKUB Kabupaten Klaten, KH Syamsudin Asrofi pada kesempatan tersebut menyatakan, FKUB Kabupaten Klaten akhir akhir ini sering menerima tamu dari darah lain dalam rangka melakukan studi tiru tentang pembentukan Paguyuban Kerukunan Umat Beragama (PKUB) tingkat Kecamatan maupun tingkat Desa. Karena Klaten merupakan inisiator dan pelopor pembentukan PKUB Kecamatan dan PKUB Desa di Indonesia.

Selanjutnya, FKUB Kabupaten Klaten juga mendorong pemberdayaan PKUB sesuai dengan potensi yang ada di masing masing wilayah. Saat ini ada lima wilayah yang PKUB nya sudah melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat sesuai potensi yang dimiliki daerah tersebut. Kelima wilayah itu adalah PKUB Kecamatan Polanharjo dengan kegiatan pertanian, khususnya pembudidayaan ikan. PKUB Kecamatan Prambanan dengan kegiatan agrowisata, PKUB Kecamatan Klaten Utara dengan kegiatan UMKM, PKUB Kecamatan Ceper dengan kegiatan budi daya tanaman kedelai, PKUB Kecamatan Bayat dan Wedi dengan kegiatan kerajinan gerabah dan batik.

Kemudian FKUB Kabupaten Klaten yang disupport oleh Pemerintah Kabupaten Klaten akan mendirikan Sekolah Kerukunan Umat Beragama, dimana di lokasi tersebut akan berdiri tempat ibadah lima agama yang ada dan diakui oleh Pemerintah. Dan di lokasi tersebut FKUB Kabupaten Klaten akan berkantor.

” Tentang sekolah kerukunan umat beragama ini sebenarnya sudah kami rintis sekitar sepuluh tahun yang lalu, dan baru tahun ini Pemerintah Kabupaten Klaten menyetujui dan rencananya akan dianggarkan pada tahun 2024 besok..” ungkap KH Syamsudin Asrofi.

Sementara anggota DPD RI, Ir. Bambang Sutrisno menyampaikan, sebagai anggota DPD RI non partai, dirinya merasa bebas untuk bertemu dengan kelompok masyarakat mana saja termasuk dengan FKUB Kabupaten Klaten ini.

Sebagai orang yang berlatar belakang  di bidang pendidikan, dirinya sudah berjuang memajukan bidang pendidikan selama menjadi anggota DPD. Dan untuk ke depan, dirinya akan selalu memperjuangkan bidang pendidikan, karena pendidikan itu sangat penting bagi kemajuan suatu bangsa.

Ir Bambang Sutrisno adalah anggota DPD RI masa jabatan 2019 – 2024, dan saat ini juga sedang mengikuti kontestasi politik dengan kembali mencalonkan diri sebagai anggota DPD RI dari Daerah Pemilihan Provinsi Jawa Tengah dalam Pemilu 2024.(Jon’s)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply