Ketua MUI Kabupaten Klaten, KH. Hartoyo : ” Bersyukur Hari ini Tanggal 25 April 2024 , Usia Pernikahan  Kami Tembus 50 Tahun “

 POPULER

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN —  Kebahagiaan hidup membangun rumah tangga tak banyak orang yang dapat menikmati masa pernikahan hingga 50 tahun, usia pernikahan emas.

Bersyukur  karena diberikan nikmat masa pernikahan hingga 50 tahun,  menyampaikan ungkapan rasa syukur yang sangat mendalam, mengingat tak banyak orang yang mendapatkannya.

Ungkapan ini disampaikan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia   ( MUI ) Kabupaten Klaten  KH.Hartoyo dan istrinya tercinta Ny.Hj. Siti Rahmah di rumahnya Polanharjo saat disambangi Ketua FKUB Kabupaten Klaten KH. Syamsuddin Asyrofi dan istri,  Sekertarisnya H.Moch.Isnaeni dan istri, serta H.Basuno Wakil ketua FKUB Klaten  Kamis  (25 /4/2024 ).

KH.Syamsuddin  Asyrofi  menyampaikan  selamat  dan ikut  bersyukur  usia pernikahan KH.Hartoyo dan Hj. Siti Rahmah  telah mencapai  50 tahun.

“Semoga  di usia pernikahan yang sudah 50 tahun di usianya yang 74 tahun ini Kiai tetap sehat, kuat, dan  semangat terus  bermanfaat umurnya yang panjang  dan menjadi teladan di masyarakat” ujar Syamsuddin.

Atas kunjungan  KH. Syamsuddin dari FKUB dan pengurus lainnya Hartoyo mengaku terharu dan terima kasih sport semuanya.

“Semua tergantung pada Allah SWT, usia pernikahan yang sampai 50 tahun sepatutnya kita syukuri, karena  ada seorang kawan  atau kerabat  yang sudah  merencanakan tasyakur pernikahan emasnya pada bulan Mei besok ini, tetapi minggu yang lalu  beliau telah meninggal.  Masyaallah . Dan  sebetulnya sama saja antara 50 tahun dan 25 tahun, itu hanya penandaan saja, yang terpenting itu bagaimana  kita mengisi ruang dan waktu dalam perjalanan  hidup ini lebih bisa bermaslahat,  bermanfaat dan tentu kehidupan yang selalu bernilai ibadah,” pesannya.

Ketua Umum MUI Kabupaten Klaten  2 periode itu, juga menjelaskan, siapapun tidak tahu dengan siapa ia akan menikah, dan bagaimana akhir dari pernikahan itu. Menurutnya, yang terpenting adalah menjalaninya dengan baik dan sungguh-sungguh selalu mohon ridha Allah.

“Umur yang panjang atau umur yang  pendek itu  tidak diketahui oleh  siapapun, itu semua adalah  karunia  dari Allah SWT yang  harus  disyukuri ” katanya.

Dalam  menceritakan peristiwa ketika pertama kali terkena serangan jantung pada usia  tahun. Ketika itu, terdapat salah seorang temannya yang menyarankan untuk terus berdzikir kepada Allah, karena kematian tidak ada yang tahu. Menurut itulah yang membuatnya bisa sehat hingga sekarang ini.

“Kematian itu bisa datang kapan saja, yang terpenting adalah bagaimana cara kita mati,” ungkapnya.

Soal keberhasilan dalam berumah tangga,  menyebutkan, kerjasama adalah kuncinya.

“Keberhasilan suami dan istri ini juga merupakan buah dari kerjasama keduanya,” ujarnya.

KH.Hartoyo  yang pernah menjabat sebagai kepala desa  di Desa Wangen Kecamatan Polanharjo ini mengatakan bahwa keberhasilannya dalam  setiap  menjalankan  tugasnya itu karena bantuan semua pihak dimanapun berada, terutama istrinya Ny.Hj.Siti Rahmah yang  selalu  mendampinginya setiap  saat, juga salah satunya  adalah  kerjasama yang sinergis  antar  semua pihak ” katanya.

KH. Hartoyo yang juga sebagai pengurus FKUB Kabupaten Klaten  ini menyampaikan  banyak  terima kasih kepada  semuanya  atas doa-doanya sehingga  usia pernikahannya tembus 50 tahun hari ini. Ia tidak lupa juga mendoakan kepada semuanya baik yang belum dan hampir mencapai usia 50 tahun dalam pernikahannya, agar diberikan oleh Allah umur yang panjang dan bisa mencapai pernikahan emas itu pula. “Semoga Allah SWT senantiasa  melimpahkan  berkah, rahmat, taufiq, dan hidayah kepada kita semua” pungkasnya.

Di usianya yang  sudah 74 tahun lebih ini KH.Hartoyo  dikaruniai 4 anak antara lain
Hj.Elvi Naimah LC.MAg. Dosen di  UIN RM.Said Solo,
Hj.Istna Maisaroh SAg.  Ustadzah di PPMI Assalaam Pabelan Solo, Moh.Irfan Faisal S.Pd.I yang  saat ini mengelola Biro Umrah Hajji Rahmatour Sukoharjo, dan
Fannany Noor Rohmah  S.Kom.  berkaris sebagai  wiraswasta di Depok Jabar.

Sementara itu Cucu cucu  KH.Hartoyo  sampai saat ini ada 9 diantara Cucu anak No 1 Alfian Niam kuliyah di UMS smst 1 dan Abdurrahman Mufty SD Muh Kotabarat kls V,  sedangkan cucu anak No 2  Sakha Saraful Anam kuliyah di UIN smst 1 dan Tsaqifa Asfa Mumtaza PPMI Assalaam Aliyah klas smst  terakhir, Cucu Anak No. ,3 Ahsan Firdausi Ponpes SKH, Nafis Kautsar SDIT Al Khoir SKH dan Nusaibah (pr) balita, dan Cucu Anak no 4. Badrus Saleh SE ,& Fannany Noor Rohmah S.Kom yakni Muh Zaky Mubarok SDIT klas 4 Depok, dan  Muh. Ziyad Mubarok SDIT Depok klas 3.

Penulis.   :  Moch.Isnaeni
Editor.       :  Sarjono

Author: 

Related Posts

Leave a Reply