Pemkab Klaten Gelar Pengajian Pamitan Haji Bersama 1.155 jama’ah Calon Haji

 DAERAH

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN -Pemerintah Kabupaten Klaten menggelar seremoni doa bersama dalam rangka pamitan 1.155 calon haji yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci, Mekkah, pada 5-7 Juni 2024 mendatang.

Acara yang digelar di Grha Bung Karno tersebut turut dihadiri oleh Bupati Klaten, Wakil Bupati Klaten, unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah Kabupaten Klaten, jajaran Pemerintah Kabupaten Klaten, para petugas haji daerah Kabupaten Klaten, dan lainnya, Rabu pagi (29/05/2024).

Plt Kabag Kesra Setda Kabupaten Klaten, Nurcholis Arif Budiman melaporkan bahwa tahun 1445 H/ 2024, Kabupaten Klaten memberangkatkan 1.155 jama’ah calon haji yang nantinya akan diberangkatkan dalam 5 kloter. Ia mengungkapkan dalam kesempatan ini terdapat 548 jama’ah calon haji laki-laki dan 607 jama’ah calon haji. Selanjutnya, ia berpesan kepada seluruh jama’ah calon haji untuk senantiasa menjaga kekompakan dan kerjasama yang baik antar jama’ah dengan jama’ah, jama’ah dengan petugas, tugas dengan petugas. Selain itu, Nurkholis juga berpesan para jama’ah calon haji dapat menaati peraturan serta menjaga nama baik Indonesia.
“Alhamdulillah 1445 H ini Kab. Klaten memberangkatkan 1.155 jama’ah calon haji. Di tahun ini, jama’ah tertua berusia 86 tahun sedangkan termuda 20 tahun. Nantinya akan terbagi menjadi 5 kloter, kloter 80 2 jama’ah, kloter 94 324 jama’ah, kloter 95 352 jama’ah, kloter 96 320 jama’ah, dan kloter 97 157 jama’ah. Dan tahun ini ada 8 petugas haji daerah yang bertugas. Saya pesan, jaga kekompakan dan jalin kerjasama yang baik antar jama’ah, jama’ah dan petugas, petugs dan petugas. Jaga kesehatan terutama di puncak haji. Patuhi aturan-aturan yang ada. Jaga nama baik Negara Indonesia. Tetap istiqomah, semoga pulang dengan selamat dan mendapat predikat haji mabrur,” jelasnya.

Muhammad Anies mewakili jama’ah calon haji Kabupaten Klaten memohon maaf serta memohon doa agar dalam menjalankan ibadah diberikan kelancaran serta kemudahan oleh Allah SWT. Ia pun juga mengajak para jama’ah calon haji lainnya untuk senantiasa mendoakan Kabupaten Klaten agar menjadi kabupaten yang gemah ripah loh jinawi, masyarakatnya kompak, toleransi tinggi dan lainnya.

“Mewakili calon haji dan petugas haji Kab. Klaten yang sebentar lagi berangkat ke tanah suci, kami mohon maaf atas segala perbuatan. Kami juga memohon doa agar kami senantiasa diberikan kelancaran dan kemudahan dalam menjalankan ibadah haji baik itu yang wajib maupun sunahnya. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kemudahan dan kelancaran bagi kami. Saya juga mengajak kepada calon haji Klaten untuk mendoakan Klaten menjadi kabupaten yang gemah ripah loh jinawi, masyarakatnya kompak, saling toleransi dan lainnya. Terima kasih juga atas pemberian dari Ibu Bupati, berupa makanan riangannya. Bekal yang Ibu berikan akan bisa mengobati rasa kangen kami kepada tanah air terutama Klaten. Semoga nanti kami selamat sehat sampai tujuan dan kembali ke tanah air serta berpredikat haji mabrur,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Klaten Sri Mulyani menyampaikan bahwa ibadah haji bukan hanya untuk mendapatkan gelar saja, tapi ibadah haji ini didorong oleh kuatnya keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT yang bermuara pada perubahan perilaku menjadi lebih baik.

“Menunaikan ibadah haji bukan untuk dipuji orang lain atau hanya mencari gelar saja, tapi Bapak / Ibu jama’ah dalam melakukan ibadah haji ini didorong oleh kuatnya keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Ibadah haji yang akan Bapak/Ibu laksanakan, hendaknya akan bermuara pada perubahan perilaku, tidak hanya menjadi lebih baik bagi diri sendiri, tetapi juga bagi orang lain, daerah dan negara, mengingat kesemua bentuk ibadah haji berakhir pada kontrak atau perjanjian kita sebagai makhluk kepada Allah sebagai sang pencipta untuk berhenti dan meninggalkan segala sifat dan tabi’at yang tidak baik yang pernah kita kerjakan sebelumnya,” tuturnya.
Lebih lanjut, Sri Mulyani berpesan kepada para jama’ah calon haji Kabupaten Klaten untuk menjaga stamina agar dalam pelaksanaan ibadah haji dapat berjalan dengan lancar. Ia pun berharap semoga para jama’ah tidak lupa mendoakan daerah dan mendoakan masyarakat Kabupaten Klaten.

“Saya berpesan kepada para jama’ah calon haji, selama di tanah suci nantinya, untuk memperhatikan kesehatan. Yang tak kalah pentingnya lagi, para jama’ah agar tetap khusyuk dalam beribadah selama di tanah suci. Saya juga berharap kepada para jama’ah, ketika sudah berada di tanah suci makkah, agar tidak lupa mendoakan daerah kita dan mendoakan masyarakat Kabupaten Klaten, supaya senantiasa dilimpahkan rahmat dan keberkahan oleh Allah SWT, serta dilimpahkan rasa kebersamaan dan rasa kesatuan dan persatuan,” imbuhnya.

Terakhir, Sri Mulyani juga mengapresiasi segenap Panitia Pemberangkatan dan Pemulangan Haji (P3H) Kabupaten Klaten yang telah memberikan pelayanan terbaik bagi para jama’ah calon haji dan mendukung kesukseskan penyelenggaraan operasional keberangkatan haji dari Kabupaten Klaten.(Ist/kominfo-klt)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply