Pancasila Sebagai Ideologi Negara Sudah Final

 SOSIAL & POLITIK

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Anggota Komisi B DPRD Provinsi Jawa Tengah dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (FPDIP) Hj. Kadarwati, SH.MH hari Kamis (25/01/2024) menyelenggarakan forum grup discusion (FGD) bertajuk “Manifestasi Pancasila Dalam Berkehidupan Berbangsa dan Bernegara”, di rumah kediaman pribadi Hj. Kadarwati di desa Jatipuro kecamatan Trucuk kabupaten Klaten.

Forum Grup Discusion dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Klaten, Hamenang Wajar Ismoyo, Kepala Desa Jatipuro Trucuk,  Tulus Nugroho , warga masyarakat, kader dan pengurus ranting PDIP se wilayah kecamatan Trucuk serta tokoh masyarakat setempat.

Kepada Lintassolorayanews.com, Hj. Kadarwati menjelaskan bahwa mengingat pentingnya warga masyarakat lebih mengerti dan memahami secara mendalam terkait ideologi Pancasila di dalam implementasinya dalam kehidupan sehari hari maka hari ini diselenggarakan forum grup discusion (FGD) dengan mengambil tema ” Manifestasi Pancasila Didalam Berkehidupan Berbangsa dan Bernegara “. Forum grup discusion hari ini menghadirkan para tokoh masyarakat, ketua RT, Ketua RW, kader dan pengurus ranting PDIP se wilayah kecamatan Trucuk.

” Para Ketua RT, Ketua RW, Pengurus Ranting PDI P tersebut adalah orang yang ditokohkan di wilayahnya. Diharapkan dengan mereka mengikuti forum grup discusion yang membahas tentang ideologi negara Pancasila, bhineka tunggal ika ini nantinya mereka kemudian menularkan apa yang didapatkannya kepada warga masyarakat di sekitarnya..” jelas Kadarwati.

Lebih lanjut Kadarwati menjelaskan, ideologi Pancasila merupakan sari dari nilai nilai luhur yang dipegang dan dijalankan oleh nenek moyang yang kemudian oleh bapak pendiri bangsa, Bung Karno nilai nilai luhur bangsa tersebut dielaborasi menjadi lima sila yang saat ini kita kenal sebagai Pancasila.

Pada setiap sila dalam Pancasila itu dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari hari agar bangsa Indonesia ini tetap memiliki jiwa dan semangat nasionalisme, kebangsaan dan kekeluargaan yang berkeadilan. Pancasila adalah pendorong dari sikap kegotongroyongan dalam masyarakat, persatuan dan kesatuan dalam masyarakat, toleransi dalam kehidupan beragama di dalam masyarakat.

” Nilai nilai toleransi beragama, kemanusiaan, kekeluargaan dan persatuan, musyawarah untuk mufakat dan keadilan dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara itulah Pancasila. Dan sebagai ideologi negara sudah final ” pungkas Kadarwati. (Jon’s)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply