PMI Ranting Kalikotes Bersama Mahasiswa KKN Gelar Aksi Donor Darah

 DAERAH

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Ranting kecamatan Kalikotes bekerjasama dengan mahasiswa KKN dari UGM hari Rabu (10/01/2024) melaksanakan aksi donor darah dan sosialisasi tentang penyakit Talasemia bertempat di aula kantor desa Kalikotes kecamatan Kalikotes.

Donor darah diikuti oleh sekitar 45 orang pendonor yang terdiri dari para anggota Forkopimcam kecamatan Kalikotes, para perangkat desa se wilayah kecamatan Kalikotes dan juga warga masyarakat yang peduli pada kemanusiaan.

Para mahasiswa KKN dari UGM juga mengadakan sosialisasi tentang penyakit Talasemia. Penyakit Talasemia menurut para mahasiswa dikatakan sebagai suatu kelainan darah pada manusia yang mengakibatkan kornea mata menjadi kuning dan juga terjadi pembengkakan pada jantung serta pengecilan rahang pada muka seseorang.

Untuk mencegah timbulnya penyakit tersebut adalah dengan mencegah perkawinan seseorang yang terjangkit penyakit Talasemia dengan orang yang tidak terkena penyakit tersebut. Hal itu guna mencegah semakin berkembangnya penyakit tersebut kepada keturunannya.

Ketua Ranting PMI kecamatan Kalikotes, Agung Wiyono menjelaskan, hari ini Palang Merah Indonesia Ranting kecamatan Kalikotes bersama para mahasiswa KKN dari UGM di desa Kalikotes melaksanakan aksi donor darah dan sosialisasi tentang penyakit Talasemia.

” Tujuan dari aksi donor darah ini adalah meningkatkan kepedulian terhadap kemanusiaan dengan memberikan setetes darahnya untuk menolong orang lain yang membutuhkan. ..” jelas Agung yang juga sekretaris desa Tambongwetan ini.

” Terkait sosialisasi penyakit Talasemia oleh para mahasiswa KKN dari UGM ini diharapkan warga masyarakat mengetahui apa itu penyakit Talasemia, apa saja ciri ciri orang yang mengidap penyakit Talasemia dan bagaimana mencegah berkembangnya penyakit tersebut serta bagaimana pengobatan atas penyakit tersebut ..” pungkas Agung Wiyono.

Sementara Kepala Desa Kalikotes, Ponidi menyambut baik kegiatan donor darah dan sosialisasi penyakit Talasemia tersebut diadakan di aula kantor desa Kalikotes.

” Kami senang kegiatan kepedulian terhadap kemanusiaan berupa donor darah ini dilaksanakan di Kalikotes, dengan begitu semangat dan kepedulian teman teman perangkat desa dan juga warga masyarakat terhadap kemanusiaan juga semakin meningkat..” ungkap Ponidi. (Jon’s)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply