Pertumbuhan Ekonomi Klaten Tahun 2023 Sebesar 5,7%, Lebih Tinggi Dari Pertumbuhan Ekonomi Nasional

 DAERAH

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATENPenyampaian penjelasan laporan keterangan pertanggungjawaban Bupati Klaten tahun 2023 diselenggarakan di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Klaten, Senin (18/03/2024).

Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Klaten, Wakil Bupati Klaten, Ketua DPRD Kabupaten Klaten, Perwakilan Forkopimda Kabupaten Klaten, jajaran Pemerintah Kabupaten Klaten, jajaran DPRD Kabupaten Klaten dan lainnya.

Bupati Klaten, Sri Mulyani menyampaikan bahwa dalam penyampaian penjelasan laporan keterangan pertanggungjawaban tahun 2023 akan melaporkan tentang capaian makro, realisasi APBD, capaian kinerja, pelaksanaan tugas pembantuan, prestasi dan inovasi Kabupaten Klaten tahun 2023.

“Hari ini, saya akan menyampaikan laporan pertanggungjawaban tentang capaian-capaian Kabupaten Klaten tahun 2023 guna memenuhi kewajiban konstitusional pemerintah daerah. Saya akan melaporkan ringkasan laporan berupa capaian makro, realisasi APBD, capaian kinerja, pelaksanaan tugas pembantuan, prestasi dan inovasi Kabupaten Klaten tahun 2023,” tuturnya.

Lebih lanjut, Sri Mulyani melaporkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Klaten di tahun 2023 mengalami kenaikan dibandingkan sebelumnya. Begitupun dengan indeks pembangunan manusia (IPM) dan prestasi, Kabupaten Klaten mengalami kemajuan.

“Alhamdulillah di tahun 2023, Kabupaten Klaten mengalami begitu banyak peningkatan. Pertumbuhan ekonomi 2023 menunjukkan kemajuan mencapai 5,7% capaian ini lebih tinggi dari nasional yaitu 5,5%. Meningkatnya IPM (indeks pembangunan manusia) tahun 2023 mencapai 77,59 meningkat dibanding tahun sebelumnya 76,95. Capaian ini lebih tinggi dari Jawa Tengah dan Indonesia. Sedangkan untuk jumlah penduduk miskin 2023 mengalami penurunan dibanding 2022. Presentase 2022 sebesar 12,33% menjadi 12,28% pada tahun 2023,” jelasnya.

Sri Mulyani menambahkan bahwa di tahun 2023, Kabupaten Klaten meraih beberapa penghargaan bergengsi serta memilki inovasi yang mempermudah masyarakat. Ia pun juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder, pemerintah daerah, para dewan dan masyarakat Kabupaten Klaten atas kerjasamanya memajukan Klaten. Terakhir, Sri Mulyani menegaskan bahwa selama 2023 Kabupaten Klaten mengalami peningkatan dan kemajuan yang diharapkan dapat terus ditingkatkan.

“Di tahun 2023 Kabupaten Klaten juga meraih beberapa prestasi dan penghargaan. Antara lain : prestasi WTP, Swasti Saba, Adipura, UHC, Kabupaten Layak Anak, Parahita Eka Praya dan lainnya. Pemerintah Kabupaten Klaten merupakan ujung tombak pelayanan kepada masyarakat. Dengan pelayanan yanh baik dan maksimal dapat memajukan kesejateraan masyarakat. Berbagai inovasi pun digalakkan untuk mempermudah pelayanan, antara lain : algae untun stunting, damkar goes to school, pendampingan ijin online, pelaporan bencana secara online dan lainnya,” imbuhnya. (Ist/humas-klt)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply