Hari Ini Pencanangan Kampung KB dan Launching Inovasi “Pangling Bejana” di Kecamatan Gantiwarno

 DAERAH

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Bertempat di Pendopo Kantor Kecamatan Gantiwarno Klaten, hari Rabu (21/2/2024) berlangsung Pencanangan Kampung KB ( Kampung Keluarga Berkualitas), Launching Inovasi “Pangling Bejana” Kecamatan Gantiwarno dan pelaksanaan Forum Konsultasi Publik Pemerintah Kecamatan Gantiwarno Kabupaten Klaten.

Kepada Lintassolorayanews.com, Camat Gantiwarno V. Retno Setyaningsih menjelaskan,  pada hari ini Pemerintah Kecamatan Gantiwarno melaksanakan tiga kegiatan sekaligus yaitu Pencanangan Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB) di seluruh desa se wilayah Kecamatan Gantiwarno,  kemudian Launching Inovasi Pemerintah Kecamatan Gantiwarno ” Pangling Bejana ” yaitu program Penyuluhan Keliling Penanggulangan Bencana  dan Kesejahteraan Sosial Gantiwarno dan terakhir pelaksanaan Forum Konsultasi Publik  Kecamatan Gantiwarno.

Pencanangan Kampung KB seluruh desa se Kecamatan Gantiwarno ini menurut Retno Setyaningsih merupakan salah satu bentuk upaya dalam pencegahan stunting di wilayah kecamatan Gantiwarno.  Dengan terbentuknya Kampung KB di seluruh desa di kecamatan Gantiwarno, diharapkan seluruh warga masyarakat benar benar memperhatikan terlaksananya pola hidup bersih dan sehat, terpenuhinya gizi yang seimbang bagi ibu hamil dan balita sehingga setiap keluarga menjadi sebuah keluarga yang berkualitas.

Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berkualitas pada Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berkualitas (Dinsos P3APPKB) Pemkab Klaten Nuryanti dalam kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kecamatan Gantiwarno yang telah mencanangkan Kampung KB di seluruh desa di wilayah kecamatan Gantiwarno. Ini merupakan sebuah upaya dini pencegahan kasus stunting oleh pemerintah kecamatan Gantiwarno.

” Ke depan semua desa di wilayah kabupaten Klaten khususnya dan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia menjadi Kampung KB, Kampung Keluarga Berkualitas..” jelas Nuryanti.

Terkait dengan inovasi “Pangling Bejana”, Pemerintah Kecamatan Gantiwarno memiliki program pemberian penyuluhan keliling di desa desa di seluruh wilayah kecamatan Gantiwarno oleh petugas dari kecamatan yang akan menemui warga masyarakat yang sedang berkumpul baik di “cakrukan”, di pos ronda, kumpulan komunitas. Petugas tersebut akan memberikan pengetahuan mengenai upaya upaya penanggulangan bila terjadi bencana.

” Petugas dari kecamatan akan keliling di desa desa menemui warga masyarakat untuk memberikan pemahaman tentang upaya penanggulangan dan penanganan bila terjadi bencana. Bagaimana menyelamatkan korban dan lain lain..”   jelas V. Retno Setyaningsih.

Pemerintah Kecamatan Gantiwarno juga senantiasa akan meningkatkan pelayanan publik dalam bidang administrasi kependudukan seperti KTP, KK maupun surat dispensasi nikah, pelayanan pajak bumi dan bangunan serta pelayanan surat keterangan ahli waris.

” Kendala kita dalam pelayanan KTP bagi warga masyarakat  adalah kita sampai saat ini hanya bisa melayani proses perekaman data kependudukan, belum bisa mencetak KTP di kantor kecamatan. Untuk pencetakan KTP kita masih di kantor kecamatan Wedi…” lanjut V. Retno Setyaningsih.

Kepala Desa Gentan kecamatan Gantiwarno, Sudiman “Tepo” merasa bangga atas kinerja Pemerintah Kecamatan Gantiwarno di bawah kepemimpinan V. Retno Setyaningsih. Menurut Sudiman, Retno Setyaningsih meski baru satu setengah tahun memimpin di kecamatan Gantiwarno, sudah banyak melakukan  inovasi dalam bidang pelayanan publik.

” Pelayanan publik di kantor kecamatan Gantiwarno di bawah kepemimpinan ibu Retno sudah luar biasa,  banyak kemajuan. Sudah banyak inovasi yang dilakukan ibu Retno dalam memperbaiki pelayanan kepada masyarakat. Semua warga masyarakat, baik itu yang menyandang disabilitas maupun warga biasa lainnya. Semua dilayani dengan baik, tidak ada sekat. Seluruh kepala desa di kecamatan Gantiwarno mendukung penuh kepemimpinan ibu Retno di kecamatan Gantiwarno…” ungkap Sudiman “Tepo”.  (Jon’s)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply