Bupati Klaten Hadiri Halal Bihalal 1445 H dan Pelepasan Jamaah Calon Haji MUI Klaten

 DAERAH

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN

Bupati Klaten hadiri halal bihalal 1445 H dan pelepasan jamaah calon haji MUI Klaten. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Gedung Al Ikhlas Kemenag Klaten pada Sabtu, (18/05/2024).

Turut hadir pula, Perwakilan Forkopimda Kabupaten Klaten, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Kabupaten Klaten, Kepala OPD Kabupaten Klaten, Pengurus MUI Kabupaten Klaten, Ketua FKUB Kabupaten Klaten, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tamu undangan lain.

 
Perwakilan calon jamaah haji pengurus MUI Kabupaten Klaten, Supanto mengatakan bahwa dirinya bersama 3 orang pengurus MUI Kabupaten Klaten akan berangkat menunaikan ibadah haji pada tanggal 6 Juni 2024 mendatang. Sebagai perwakilan calon jamaah haji, ia memohon pamit dan memohon doa agar para calon jamaah haji dapat menjalankan rukun haji dengan baik dan menjadi haji mabrur.
 
“Besuk tanggal 6 Juni 2024, kami akan berangkat menunaikan ibadah haji. Jadi mohon pamit. Mohon doanya semoga semuanya sehat, tertib dan ketentuan hukum haji itu dapat terlaksana dengan baik, semoga dapat menjadi haji yang mabrur. Mohon maaf jika selama ini kami ada perkataan atau perilaku yang kurang berkenan,” ujarnya.
 
Ketua Umum MUI Kabupaten Klaten, Hartoyo mengungkapkan Majelis Ulama Indonesia (MUI) menjadi wadah sebagai rujukan umat muslim di Indonesia melalui fatwanya. Keberadaan MUI sekaligus juga menjadi perekat antara ulama dan masyarakat, sehingga terlahir tatanan kehidupan masyarakat Kabupaten Klaten yang aman dan kondusif.
 

“MUI adalah mitra strategis pemerintah, yang secara bersama sama, terus menghela proses perwujudan peradaban Islam yang rahmatan lil alamin di Indonesia. MUI juga membantu pemerintah menciptakan iklim kondusif dan membina umat agar dapat berbakti kepada bangsa dan agama. Semoga MUI dapat senantiasa bersinergi dengan pemerintah daerah,” ungkapnya.

 
Bupati Klaten, Sri Mulyani pada kesempatan yang sama menyampaikan bahwaapresiasi kepada jajaran MUI Klaten yang telah menggelar kegiatan tersebut. Ia menyebut, kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang sangat baik untuk menjaga silaturahmi dan menjaga keberagaman.
 
“Saya menyambut baik silaturahmi ini, dalam arti hubungan dengan saudara seiman yang bentuknya dapat dijalin melalui kasih sayang, saling menasihati dalam takwa dan kesabaran, tolong menolong di atas jalan ketakwaan. Marilah kita maknai Halal Bi Halal ini bukan hanya sebagai acara seremonial saja, namun momen untuk saling memaafkan setulus hati dan berlapang dada menerima semua keberagaman dan perbedaan, membangun kebersamaan dalam keberagaman,” tuturnya.
Lebih lanjut, Sri Mulyani juga mengucapkan selamat kepada para calon jamaah haji Pengurus Dewan Pimpinan MUI Kabupaten KlatenTahun 2024. Ia berharap seluruh calon jamaah haji Kabupaten Klaten dapat melaksanakan ibadah dengan lancar dan sehat hingga akhirnya mendapatkan predikat haji mabrur.
 
“Kepada seluruh calon jamaah haji Kabupaten Klaten, selamat menunaikan ibadah haji, semoga dalam melaksanakan ibadah senantiasa diberikan kelancaran dan kesehatan. Sehingga saat kembali ke tanah air dapat menjadi Haji yang mabrur. Ibadah haji bukan semata ibadah/ritual, rangkaiannya membutuhkan keteguhan niat dan kekuatan fisik yang memadai. Bapak Ibu sekalian, luruskan niat dan bersihkan hati dari awal semata-mata ibadah ini hanya dan untuk Allah SWT,” pungkasnya.

(Ist/kominfo-klt)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply