23 Tahun BAZNAS Kabupaten Klaten Berkiprah Membantu Masyarakat dan Ummat

 DAERAH

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Klaten hari ini, Rabu (17/01/2024) memperingati Hari Ulang Tahunnya yang ke 23. Acara peringatan hari ulang tahun diselenggarakan secara sederhana namun khidmad di kantor BAZNAS di jalan Ronggowarsito Bareng Klaten Utara.

Terlihat hadir dalam acara tersebut bupati Klaten, Hj. Sri Mulyani dan beberapa pejabat pimpinan OPD serta unsur forkopimda kabupaten Klaten.

Ketua BAZNAS Kabupaten Klaten, KH Muchlis Hudaf kepada Lintassolorayanews.com menjelaskan, selama 23 tahun berkiprah di kabupaten Klaten, BAZNAS sudah banyak berperan dalam membantu pelaksanaan  program pemerintah kabupaten Klaten dalam upaya pengentasan kemiskinan.
Peran BAZNAS dalam membantu pemerintah kabupaten Klaten antara lain adalah program Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), program jambanisasi keluarga tidak mampu, program pemberian bea siswa bagi siswa, mahasiswa maupun santri.

” Program program yang sudah kami laksanakan di tahun 2023 kemarin tentu saja akan kami lanjutkan. Dan kami akan selalu berinovasi dalam rangka membantu warga masyarakat yang membutuhkan..” ungkap KH Muchlis Hudaf.

Sementara Wakil Ketua  Bidang Pendiistribusian BAZNAS Kabupaten Klaten,  Aidit Zunani menyampaikan, meski pendapatan BAZNAS Kabupaten Klaten termasuk yang paling kecil diantara kabupaten atau kota di wilayah Soloraya namun BAZNAS Kabupaten Klaten tercatat paling besar dalam penyaluran dana untuk pelaksanaan program bantuan bagi warga kurang mampu. Untuk pelaksanaan program rehabilitasi RTLH, BAZNAS Klaten sudah menyelesaikan bantuan bagi sekitar 500 rumah.

Terkait kendala yang dihadapi BAZNAS Kabupaten Klaten dalam pengumpulan dana zakat di lingkungan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Klaten adalah masih rendahnya kesadaran ASN untuk menunaikan kewajibannya membayar zakat melalui BAZNAS.

” Kita sudah berkoordinasi dengan Pemkab Klaten dalam upaya meningkatkan pendapatan dari zakat para aparatur sipil negara di lingkungan Pemkab Klaten. Kita targetkan pada tahun 2024 ini kita akan dapatkan pendapatan sebesar Rp. 6.8 M. Sementara pada tahun 2023 kemarin kita dapat kumpulkan dana zakat sebesar Rp. 6,2 M.  Semoga ada peningkatan kesadaran para ASN untuk menunaikan kewajibannya dalam membayar Zakat..” jelas KH. Muchlis Hudaf. (Jon’s)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply