Upaya Lestarikan Seni Tradisional “Gejog Lesung”, Pemdes Barepan Gelar Lomba Gejog Lesung Yang Semua Pesertanya Anak Anak Muda

 WISATA & KULINER

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Pemerintah Desa Barepan kecamatan Cawas, hari Sabtu (2/9/2023) menyelenggarakan Lomba “Gejog Lesung” tahun 2023 yang diikuti oleh 12 Kelompok seni Gejog Lesung dari beberapa wilayah pedukuhan di desa Barepan kecamatan Cawas.
Lomba Gejog Lesung tahun 2023 kali ini mengambil tema ” Generasi Muda Penggerak Seni Budaya Desa Barepan “. Menurut Ketua Panitya, Aris Pramono dalam laporannya mengatakan, lomba Gejog Lesung ini diselenggarakan  dalam rangka melestarikan seni budaya tradisional pada generasi muda, sehingga pada lomba kali ini peserta adalah para generasi muda, usia sekolah SMP atau SMA warga desa Barepan.

Sementara Kepala Desa Barepan, Irmawan Andriyanto kepada Lintassolorayanews.com menjelaskan, seni Gejog Lesung yang merupakan ikon atau ciri khas yang dimiliki oleh desa Barepan harus terus dilestarikan dan dikembangkan di seluruh warga masyarakat desa Barepan termasuk didalamnya para generasi mudanya.

” Lomba Gejog Lesung” di desa Barepan ini adalah kegiatan rutin setiap tahun, karena untuk mengangkat seni dan budaya tradisional yang menjadi ikon desa Barepan. Bila tahun tahun kemarin lomba bisa diikuti oleh warga desa Barepan dari berbagai kalangan usia, tetapi pada tahun ini lomba dikhususkan bagi para generasi mudanya. Dengan harapan para generasi muda warga desa Barepan ikut serta dalam upaya pelestarian dan pengembangan seni tradisional Gejog Lesung…” jelas Irmawan Andriyanto.

Adapun Aspek penilaian lomba Gejog Lesung kali ini adalah harmonisasi, Kreatifitas, koreografis dan Laras (irama). Sedangkan dewan jurinya adalah akademisi, seniman dan anggota dewan kesenian.

Berdasarkan penilaian dewan juri, lomba Gejog Lesung hari ini menghasilkan juara satu yaitu kelompok Wisanggeni. Juara dua kelompok Sekar Langit dan juara ketiga kelompok IPPS Wirabawa. Para pemenang mendapatkan piagam, trophy dan dana pembinaan dari Pemerintah Desa Barepan. (Jon’s)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply