Gandeng Fadeska, Disbudporapar Klaten Gelar Klaten Fashion Festival 5-6 Agustus

 WISATA & KULINER

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Dalam rangka memperingati hari jadi kabupaten Klaten yang ke 219 dan juga memperingati hari ulang tahun proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 78 tahun 2023, Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Klaten berkolaborasi dengan Forum Designer Kabupaten Klaten (Fadeska) akan mengadakan “Klaten Fashion Festival” di Taman budaya Monumen Juang 45 Klaten tanggal 5 dan 6 Agustus 2023.

Hal ini terungkap dalam konperensi pers yang diadakan oleh Panitya Pelaksana “Klaten Fashion Festival” di Ruang Pertemuan Edotel SMKN 3 Klaten, hari Kamis (3/8/2023). Dalam konperensi pers yang dipandu oleh Sekretaris Disbudporapar Kabupaten Klaten, Purwanto dan menghadirkan dua orang Panitya Pelaksana, yaitu Astrid dan Melati.

Dalam penjelasannya, Purwanto mengungkapkan latar belakang dan tujuan diadakannya ” Klaten Fashion Festival ” adalah dalam rangka ingin mengangkat kain batik dan lurik yang  menjadi potensi yang dimiliki dan ciri khas kabupaten Klaten ke kancah yang lebih tinggi.

Sementara menurut Astrid, dalam kegiatan Klaten Fashion Festival ini diadakan serangkaian perlombaan, diantaranya lomba rancang busana dengan tema lokal identity klaten.

Adapun tujuan lomba rancang busana adalah ingin mencari bibit baru perancang busana Klaten. Dan  sampai berakhirnya masa pendaftaran yaitu tanggal 20 Juli, terdaftar ada 60 peserta. Kemudian diseleksi oleh Panitya menjadi 10 finalis yang akan membuat baju rancangannya untuk dipresentasikan dihadapan juri pada tanggal 5 Agustus.

Selanjutnya juga ada lomba fashion show anak anak dari peserta anak dengan usia 5 – 10 tahun dan terbuka untuk umum.

Dan ketiga adalah lomba Line Dance yang pesertanya adalah perempuan dewasa, usia di atas 35 tahun. Dalam lomba line dance ini akan dinilai oleh juri anggota ILDI (Ikatan Line Dance Indonesia) Yogyakarta.

Latar belakang mengapa Disbudporapar Kabupaten Klaten menggandeng Fadeska sebagai mitra dalam penyelenggaraan Klaten Fashion Festival ini adalah karena Fadeska merupakan sekumpulan komunitas designer yang sudah malang melintang menyelenggarakan ajang fashion show di wilayah Kabupaten Klaten.  Fadeska terbentuk pada tahun 2018 dimulai dari ajang Iwapi Fashion Show, Astrid bersama Melati membentuk wadah fashion designer Klaten.

Dari tahun 2019 Fadeska sering melakukan pemotretan dengan model yang mengenakan baju berbahan lurik maupun batik produk Klaten di obyek wisata yang ada di Klaten.(Jon’s)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply