Di Lapangan Desa Ngemplak Malam Ini, Pergelaran Wayang Kulit Semalam Suntuk Oleh Ki Hanang Cermo Carito Dengan Lakon ” Tumuruning Wahyu Kamulyan “

 WISATA & KULINER

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Warga masyarakat desa Ngemplak kecamatan Kalikotes menyambut gembira dengan akan digelarnya pentas pertunjukan kesenian tradisional wayang kulit semalam suntuk dengan Lakon ” Tumuruning Wahyu Kamulyan ” oleh dalang Ki Hanang Cermo Carito, hari Rabu (23/8/2023) malam di lapangan olah raga desa Ngemplak.

Kadus wilayah dua desa Ngemplak kecamatan Kalikotes, Lilik Haryanto mewakili Kepala Desa Ngemplak, Tri Maryani kepada Lintassolorayanews.com menjelaskan, pentas pertunjukan kesenian wayang kulit semalam suntuk di desa Ngemplak ini sebenarnya sudah merupakan tradisi yang dilaksanakan setiap tahun.  Namun selama beberapa tahun terakhir pertunjukan kesenian wayang kulit tersebut tidak dapat terselenggara karena adanya pandemi Covid 19 yang sedang melanda bangsa Indonesia.

” Dan baru pada nanti malam, warga desa Ngemplak kecamatan Kalikotes disuguhi tontonan kesenian wayang kulit semalam suntuk oleh dalang Ki Hanang Cermo Carito dengan Lakon ” Tumuruning Wahyu Kamulyan”…” jelas Lilik Haryanto.

Pertunjukan seni wayang kulit ini dilaksanakan dalam rangka menyemarakkan peringatan hari jadi kabupaten Klaten yang ke 219 dan peringatan hari ulang tahun proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 78.

Dijelaskan Lilik Haryanto bahwa untuk pelaksanaan pertunjukan kesenian wayang kulit ini, warga masyarakat desa Kalikotes melakukan swadaya berupa iuran dana sebesar satu juta rupiah untuk setiap RT. Di desa Ngemplak terdapat 30 RT dan 9 RW.

” Dan Pemerintah Desa Ngemplak juga mengalokasikan anggaran “Gelar Budaya” dalam APBDes sebesar 15 juta rupiah untuk mendukung pelaksanaan pertunjukan kesenian wayang kulit malam ini…” lanjut Lilik.

Pihak Panitya Pelaksana juga menyiapkan lokasi di pinggir jalan menuju lapangan sebagai tempat menggelar dagangan bagi para pelaku UMKM, baik warga desa Ngemplak sendiri maupun warga dari desa desa sekitar.

” Disamping memberi suguhan hiburan kepada warga, kita juga memberdayakan potensi ekonomi warga melalui gelaran para pelaku UMKM di desa Ngemplak…” pungkas Lilik Haryanto. (Jon’s)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply