Singgih Januratmoko. : ” Anggota FKDM Hendaknya Bisa Menjadi Katalisator Dalam Upaya Pencegahan Konflik Di Masyarakat..”

 SOSIAL & POLITIK

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), kabupaten Klaten hari Minggu (6/8/2023) siang melaksanakan rapat koordinasi dengan FKDM kecamatan  dari seluruh wilayah kabupaten Klaten dengan tema, 4 Konsensus Kebangsaan sebagai landasan FKDM dalam deteksi dini dan cegah dini potensi konflik menghadapi perubahan iklim El Nino dan jelang pemilu 2024 yang bertempat di Rumah Makan “Mbah Lurah”, obyek wisata Sendang Sinongko, desa Pokak kecamatan Ceper.

Adapun sebagai narasumber dalam rapat koordinasi tersebut adalah Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar Singgih Januratmoko, Kapolres Klaten, AKBP Warsono, Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) kabupaten Klaten, Sugeng Haryanto dan pakar iklim dan cuaca dari UGM, Ir. Atut

Kapolres Klaten, AKBP Warsono kepada awak media mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh pengurus FKDM kecamatan di kabupaten Klaten yang telah berperan aktif dalam upaya menciptakan iklim sejuk dan kondusif selama digelarnya Pemilihan Kepala Desa Serentak kabupaten Klaten tahap 2 tahun 2023 sehingga jalannya Pemilihan kepala desa dapat berlangsung dengan aman, damai lancar dan sukses tanpa ekses.

Selanjutnya Kapolres juga berharap situasi aman dan kondusif dalam masyarakat ini dapat dipelihara dan lebih ditingkatkan pada menjelang datangnya tahun politik, tahun 2024. Dimana bangsa ini akan melaksanakan pesta demokrasi pemilihan presiden dan wakil presiden serta pemilihan anggota legislatif.

Terkait dengan akan datangnya fenomena alam El Nino dimana akan ditandai dengan adanya cuaca ekstrim, musim panas yang lebih panjang, Kapolres berharap warga masyarakat waspada dan hati hati dengan api.

” Saya minta warga jangan membiasakan membuang dan membakar sampah sembarangan, dikhawatirkan api akan merembet ke pemukiman penduduk yang berakibat kebakaran. Jangan membuang puntung rokok sembarangan…” kata Kapolres.

Sementara anggota DPR RI Singgih Januratmoko mengungkapkan hal yang senada dengan apa yang diungkapkan Kapolres Klaten yaitu merasa gembira dan bersyukur bahwa warga Klaten telah sukses menyelenggarakan pemilihan kepala desa serentak tahun 2023 dengan aman, lancar dan sukses. Dan selanjutnya dia berharap warga masyarakat Klaten dapat menjaga iklim yang sejuk dan kondusif selama menghadapi tahun politik besok. Hal ini tidak akan lepas dari peran serta anggota FKDM yang bisa menjadi katalisator atau peredam munculnya sebuah konflik yang akan mengganggu iklim sejuk dan kondusif ini.

” Saya berharap para pengurus FKDM di seluruh tingkatan dapat berperan serta dalam mencegah munculnya konflik dalam masyarakat. Demikian juga halnya dengan warga, warga tetap menjaga persatuan dan kesatuan, jangan mudah diadu domba dan jangan mudah percaya dengan informasi hoaks yang beredar di media sosial. Semua informasi yang ada perlu di cek dan rechek lagi, perlu disaring sebelum disharing..” ungkap Singgih.(Jon’s)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply