Kapolres Klaten, AKBP Warsono, SH. SIK.MH  : ” Dai Kamtibmas Miliki Peran Penting Jaga Kondusifitas   Masyarakat “

 SOSIAL & POLITIK

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Kapolres Klaten AKBP Warsono, SH.SIK.MH mengatakan bahwa Dai Kamtibmas memiliki peran penting ikut serta dalam mewujudkan kondusifitas masyarakat.                                      

Hal tersebut disampaikan Warsono saat Polres Klaten menggelar silaturahmi dan pembinaan Da’i Kamtibmas di Aula Satya Haprabu Polres Klaten, Rabu (20/9/2023).

Kegiatan yang dihadiri 260 Dai Kamtibmas Kecamatan dan 40 Dai Kamtibmas Kabupaten Klaten ini dipimpin langsung Kapolres Klaten AKBP Warsono SH SIK MH dan dihadiri PJU Polres, Kapolsek dan  jajarannya.    

” Kegiatan silaturami dan pembinaan Dai Kamtibmas ini dimaksudkan  untuk memperkuat sinergitas dan kerjasama antara Polres Klaten dengan Da’i Kamtibmas dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat” katanya.

Kapolres juga memberikan  apresiasi kepada para Da’i Kamtibmas Polres Klaten yang telah meluangkan waktu untuk hadir dalam kegiatan silaturahmi dan pembinaan Dai Kamtibmas Polres Klaten ini.        

                  

“Kami sangat berharap  pertemuan seperti ini tetap terjalin  agar  komunikasi kita berlangsung  secara bersinambungan.” kata Kapolres Klaten saat memberikan sambutan.

Menurut Kapolres, Dai kamtibmas mempunyai peran yang sangat besar sebagai penyejuk dan ikut serta dalam  mengedukasi masyarakat tetap menjaga kondusifitas, dan menjaga keteriban masyarakat.       

“Para tokoh agama dan tokoh masyarakat diharapkan dapat membantu tugas  kepolisian terutama di fungsi preemtif dan preventif” katanya.

Kapolres juga berharap pada segenap lapisan masyarakat khususnya para kyai dan ulama sebagai da’i kamtibmas untuk selalu bersinergi  memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat khususnya di wilayah kabupaten klaten.

” Kami tidak mampu memikul amanat ini tanpa bantuan semua pihak termasuk para Kiai dan Ulama yang tergabung di Dai Kamtibmas ini” katanya.

Terkait pemilu serentak 2024, Polres Klaten juga memerlukan dukungan seluruh elemen masyarakat agar gelaran demokrasi tersebut berjalan damai dan kondusif. “Di sinilah peran penting  para Dai Kamtibmas dalam menyampaikan nilai-nilai agama yang humanis serta menjadi filter atau penyaring informasi-informasi yang belum jelas sumbernya” katanya.

Lebih lanjut Kapolres berkomitmen untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya  dengan penuh dedikasi dan transparan saat Pemilu 2024 yang akan datang.

“Kita tahu bahwa pada tahun 2024 bangsa Indonesia akan menyelenggarakan pesta demokrasi/Pemilu tentunya kami berkomitmen tetap netral dan profesional dalam melaksanakan tugas” pungkasnya.                 

Sementara itu Ketua Dai Kamtibmas Klaten KH. Syamsuddin Asyrofi menyampaikan arahannya tentang tugas dan peran penting Dai Kamtibmas di masyarakat.                                 

“Antara iman dan aman tidak boleh pilih salah satu karena untuk menjadikan seseorang beriman butuh keamanan” ujarnya.                                          

Dikatakan bahwa tugas menjaga kondusifitas masyarakat bukan saja menjadi tugas aparat kepolisian, tetapi para Dai Kamtibmas juga mengemban tugas itu.                                            

“Kolaborasi dan sinergitas polisi dan Dai kamtibmas insyaallah dapat mewujudkan masyarakat yang damai , aman, dan kondusif” pungkasnya. (Moch.Isnaeni)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply