Hadapi Pemilu 2024, Polres Klaten Gelar Pelatihan Sispamkota Dengan Simulasi Rusuh Massa

 SOSIAL & POLITIK

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Bertempat di lapangan KSDC Polres Klaten, hari Senin (25/9/2023) Polres Klaten menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Sispamkota yang bertema Melalui Pelatihan Sispamkota Kita Tingkatkan Kemampuan Penanganan Konflik Sosial Dalam Rangka Antisipasi Gangguan Keamanan Pada Pelaksanaan Pemilu Tahun 2024 Guna Memelihara Kamtibmas Di Wilayah Hukum Polres Klaten yang diikuti oleh sekitar 500 personil Polres Klaten.

Kegiatan Pelatihan Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) hari ini adalah simulasi penanganan konflik sosial bilamana terjadi dalam pelaksanaan Pemilihan Umum, baik Legislatif maupun Presiden tahun 2024.

Kegiatan hari ini dihadiri oleh Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya mewakili Bupati Klaten, Kepala Kejaksaan Negeri Klaten, Suyanto, Ketua Pengadilan Negeri Klaten, Tuty Budhi Utami, Kapolres Klaten, AKBP Warsono, Komandan Kodim 0723/Klaten, Letkol Czi Bambang SetyaTriwibowo, Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Klaten Kartika Sari Handayani dan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu)  Kabupaten Klaten, Arif Faturakhman.

Dalam kata sambutannya, Wakil bupati Klaten Yoga Hardaya menyampaikan, dengan adanya pelatihan sispamkotaini berarti juga sudah adanya kesiapan aparat keamanan dalam mengantisipasi kemungkinan terjadinya konflik sosial pada pelaksanaan pemilu tahun 2024, serta menciptakan rasa aman dalam masyarakat sehingga warga masyarakat dapat memilih sesuai dengan hati nurani dengan tanpa adanya tekanan dari pihak manapun dan pada akhirnya Pelaksanaan Pemilu dapat berlangsung dengan aman, damai dan lancar serta sesuai dengan asas yaitu langsung umum bebas rahasia dan adil.

Sedangkan Komandan Kodim 0723/Klaten, Letkol Czi Bambang Setyo Triwibowo menyampaikan, pelatihan sispamkota ini sebagai upaya penyegaran kemampuan aparat keamanan dalam melakukan kewaspadaan dan deteksi dini dalam menghadapi adanya ancaman, gangguan dan tantangan yang terjadi dalam masyarakat menghadapi proses pelaksanaan Pemilu tahun 2024.

Sementara Kapolres Klaten, AKBP Warsono dalam kesempatan itu menyampaikan, pelatihan Sispamkota ini dilaksanakan dengan tujuan menunjukkan kesiapan aparat keamanan dalam menghadapi dan  mengamankan kejadian kontigensi rusuh massa  Deyang terjadi dalam masyarakat selama pelaksanaan Pemilu tahun 2024. Di mana di wilayah kabupaten Klaten, pada Pemilu ini akan terdiri dari 4.198 Tempat Pemungutan Suara dan Pemilih yang tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPR) sebanyak 971.518 pemilih.

Dalam rangka menjamin keamanan dan ketertiban jalannya pemilu tahun 2024 ini jajaran Polres Klaten, Kodim 0723/Klaten beserta instansi terkait lainnya berkomitmen untuk selalu profesional, proporsional dan netral tidak terpengaruh oleh kekuatan politik manapun.(Jon’s)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply