Warga Cawas Penuh Sesak Saksikan Grebeg Pasar Tradisional Tahun 2023

 POPULER

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Dalam rangka mangayubagyo peringatan hari jadi kabupaten Klaten yang ke 219 dan menyambut peringatan hari ulang tahun yang ke 78 Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, Paguyuban Pedagang “Warung Bengi” (Wangi) pasar Masaran dukuh Noyotrunan desa Cawas kecamatan Cawas hari Sabtu (5/8/2023) menyelenggarakan kegiatan tradisi “Grebeg Pasar Tradisional” yang ke 8 tahun 2023 di area sekitar pasar tradisional Masaran desa Cawas kecamatan Cawas kabupaten Klaten.

Menurut salah seorang Panitya pelaksana acara Grebeg Pasar Tradisional tahun 2023 desa Cawas, Jimbling Supriyadi menjelaskan acara ini merupakan bentuk dari rasa syukur dan terima kasih segenap pedagang anggota paguyuban “Warung Bengi” (Wangi) khususnya dan seluruh pedagang di pasar Masaran dukuh Noyotrunan desa Cawas kecamatan Cawas atas rejeki yang telah diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa selama satu tahun terakhir.

Acara grebeg pasar tradisional tahun 2023 ini adalah gabungan antara kegiatan budaya, tradisi dan agama. Ketiganya saling terkait satu sama lain.


” Semalam acara grebeg pasar tradisional ini diawali dengan mengadakan “Midodareni” atau mujahadah yang diisi dengan pengajian yang dipimpin oleh Ustadz Ahmad Dhaim. Dalam mujahadah tersebut, para pedagang anggota paguyuban Wangi menghaturkan rasa terima kasih kepada Allah karena telah diberikan limpahan rejeki selama satu tahun terakhir. Dan juga doa permintaan agar Allah berkenan memberikan kelancaran berdagang serta limpahan rejeki untuk waktu waktu mendatang..” ungkap Jimbling Supriyadi.

Lebih lanjut dijelaskan Jimbling, pada acara Grebeg Pasar Tradisional tahun 2023 ini diramaikan dengan berbagai acara antara lain kirab budaya dengan mengarak beberapa tumpeng. Dalam kirab tersebut juga diikuti oleh penggemar sepeda kayu “Inku” dari Jogonalan, Yayasan mBah Semar Pedan, seni Jathilan, kirab Abdi Dalem Kraton Surakarta, seni reyog Noyorogo, seni Gejog Lesung, penampilan tari tradisional maupun kontemporer oleh para mahasiswa anggota Formatasindo dan penampilan dari jemaat gereja Maria Assumpta Cawas serta puncaknya pada hari Sabtu malam adalah pentas pertunjukan wayang kulit oleh Dalang Ki Hari Noto Carito, S.Sn dengan Lakon “Wahyu Garuda Kencono”.

Sebelum Acara kirab “Grebeg Pasar Tradisional” tahun 2023 hari ini akan dilakukan prosesi penyerahan tumpeng dari Kepala Desa Cawas, Mujiyono yang didampingi oleh lurah pasar dan ketua paguyuban Wangi kepada Camat Cawas, Prihadi yang didampingi oleh jajaran Forkopimcam kecamatan Cawas dan seluruh kepala desa se kecamatan Cawas.

Selain dihadiri oleh jajaran Forkopimcam kecamatan Cawas, dalam acara hari ini dijadwalkan juga akan hadir Bupati Klaten, Hj. Sri Mulyani dan Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya. (Jon’s)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply