Rayakan HUT RI ke 78, Pemdes Tirtomarto Gelar Festival Gejog Lesung

 POPULER

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Pemerintah Desa Tirtomarto kecamatan Cawas bersinergi dengan Karang Taruna “Taruna Manunggal” desa setempat hari Jum’at (11/8/2023) malam menyelenggarakan festival Gejog lesung di lapangan olah raga desa Tirtomarto.

Kepala Desa Tirtomarto, Agung Nugroho kepada Lintassolorayanews.com menjelaskan, festival Gejog lesung yang dilaksanakan kerjasama antara Pemerintah Desa Tirtomarto dengan Karang Taruna “Taruna Manunggal” desa Tirtomarto ini merupakan salah satu rangkaian peringatan hari jadi Kabupaten Klaten yang ke 219 dan juga memperingati Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 78. Sebelumnya sudah dilaksanakan beberapa lomba yang diikuti oleh warga di setiap lingkungan RW. Dan puncak dari peringatan hari ulang tahun proklamasi kemerdekaan RI yang ke 78 di desa Tirtomarto adalah pelaksanaan karnaval budaya warga masyarakat desa Tirtomarto pada hari Kamis (17/8/2023).

Adapun maksud dan tujuan pelaksanaan festival Gejog lesung hari ini menurut Agung Nugroho adalah dalam rangka nguri uri kesenian dan kebudayaan tradisional “Gejog Lesung” yang merupakan warisan para leluhur di desa Tirtomarto agar dijaga dan dilestarikan oleh generasi muda.

” Pada festival Gejog lesung malam ini diikuti oleh sepuluh kelompok dari beberapa dukuh yang ada di desa Tirtomarto. Kita tidak mengadakan penilaian pada para peserta tetapi kita memberikan apresiasi berupa uang pembinaan kepada semua peserta bahwa mereka telah ikut berpartisipasi dalam usaha pelestarian seni dan budaya tradisional Gejog lesung..” ungkap Agung Nugroho.

Lebih lanjut dijelaskan Agung Nugroho, festival Gejog lesung ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun di desa Tirtomarto.Pada tahun 2022, ada sekitar 18 kelompok peserta festival Gejog lesung dan pada tahun ini ada penurunan animo peserta, hanya ada sepuluh kelompok peserta festival.

” Saya berharap tahun depan akan banyak peserta yang akan mengikuti festival Gejog lesung yang kita selenggarakan..” pungkas Agung Nugroho. (Jon’s)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply