Dalam Rangka Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dan Manajemen Rumah Sakit, RSST Klaten Gelar Seminar Internasional

 POPULER

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Dalam rangka mewujudkan platform interaktif yang akan mendorong dan  untuk mengenali tantangan-tantangan yang dihadapi oleh para profesional kesehatan, peneliti, dan penyedia layanan perawatan kanker serta menjelajahi isu-isu pasien kanker, RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro menyelenggarakan International Conference on Hospital Management and Healthcare “Exploring Challenges, Issues, and Emerging Trends in Cancer” pada hari Jumat dan Sabtu tanggal 24 dan 25 November 2023 bertempat di Hotel Alana Yogyakarta dengan peserta luring sebanyak 200 orang dan peserta daring sebanyak 193 orang.

Seminar Internasional ini diselenggarakan dalam rangka menyambut HUT RS Soeradji yang ke – 96 sekaligus merupakan bagian dari tugas pengampuan yang di amanatkan Kemenkes kepada RSUP Dr Soeradji Tirtonegoro Klaten sebagai pengampu strata paripurna, dimana sebagai pengampu paripurna harus mengkolaborasi kerja sama dengan institusi pendidikan serta RS baik nasional maupun internasional, serta mengkoordinasikan tugas pengampuan ini ke RS regional sampai tingkat fasilitas kesehatan tingkat pertama.

Tugas pengampuan ini tidak hanya meningkatkan kerjasama kuratif dan rehabilitatif, namun lebih di fokuskan peningkatan fungsi promotif dan preventif dalam penatalaksanaan kanker. Kanker merupakan “Burden disease” yang memerlukan pembiayaan luar biasa untuk tatalaksanaannya, sehingga dengan meningkatkan fungsi preventif dan promotif akan berusaha mengurangi beban keuangan bagi masyarakat serta pemerintah dalam menghadapi problem kanker.

Seminar ini juga dapat membantu penyajian penelitian terkini, temuan klinis yang relevan dengan upaya upaya deteksi dini, preventif dan promotif.

Seminar internasional tentang kanker ini dibuka secara langsung oleh Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X, dan sambutan secara daring oleh Menteri Kesehatan RI serta menghadirkan narasumber dari dalam dan luar negeri yang kompeten dibidangnya. Adapun sasaran peserta seminar yang diharapkan hadir adalah Pimpinan RS Vertikal/ Daerah, dosen / akademisi/ peneliti, dokter/ perawat/ nakes lain, mahasiswa dan pemerhati layanan kanker.

Dalam sambutannya Direktur Utama RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro (RS Soeradji)  mengatakan, Berbicara mengenai layanan kanker, RSUP dr.Soeradji Tirtonegoro Klaten telah memiliki layanan onkologi serta telah memulai pembangunan onkology center. Ibu Direktur Utama juga menyatakan bahwa RS Soeradji siap dalam berkolaborasi dengan institusi dan RS baik dalam dan luar negeri untuk mengembangkan penelitian dan pelayanan kesehatan serta siap menjadi rujukan bagi pelayanan kanker khususnya di Jawa Tengah bagian selatan.(Ist/Jon’s)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply