Tingkatkan Ukhuwah Islamiyyah dan Pererat Silaturahmi Antar Santri, Badko TPQ Kecamatan Bayat Gelar Pawai Santri Dan Safari TPQ

 PENDIDIKAN BUDAYA

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Badan Koordinasi Taman Pendidikan Al Qur’an (BADKO TPQ) Kecamatan Bayat menggelar Pawai Ta’aruf Santri dan Safari TPQ Se Kecamatan Bayat dan Sekitarnya di Halaman Masjid / TPQ As Salam Kaliture Desa Nengahan Ahad 28/04/2024 ) kegiatan ini rutin diselenggarakan 4 bulan sekali dengan bergantian dari tiap TPQ yang ada di Kecamatan Bayat.

Menurut Azib Triyanto selaku ketua Badko TPQ Bayat Kegiatan Pawai dan Safari TPQ ini  diadakan tiap empat bulan sekali. Adapun maksud dan tujuannya diselenggarakannya kegiatan ini adalah sebagai media berdakwah, pemersatu dan untuk memperkuat tali silaturahmi serta ukhuwah Islamiyah dikalangan remaja masjid atau ustadz/utadzah dan para santri yang ada di Kecamatan Bayat dan sekitarnya. Pada kesempatan safari ini juga dihadiri dari TPQ Gunungkidul.

Selain itu, kegiatan ini juga untuk memberi bekal santri, beserta ustadz/ahnya  sehingga memiliki pemahaman ilmu dien yang mendalam khusus dalam membaca al Qur’an dan penanaman aqidah & akhlaq yang mulia.

“Kegiatan ini diawali dengan Pawai Ta’aruf dari masing-masing TPQ dengan kreativitasnya.  Tiap TPQ ada yang kirimkan 30 -100 an santri,  total peserta yang mengikuti kegiatan ini ribuan. Sesuai daftar hadir dan konfirmasi kehadiran mencapai sejumlah 1.250 yang terdiri dari santri dan ustadz/ah bahkan ada dari orang tuanya juga ikut.” kata Azib Triyanto.

Pawai Ta’aruf diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya untuk memupuk rasa Nasioalisme sejak dini serta mars dan hymne TPQ dari Paduan suaraTPQ Tuan rumah As Salam Kaliture Nengahan Bayat.

Camat Bayat Joko Purwanto mengapresiasi kegiatan ini sebagai sarana memupuk tali ukhuwah dan membentengi anak’ dari pergaulan yang tidak baik dan pengaruh gadget untuk senantiasa rajin belajar dan mengaji.

“Dengan diadakannya acara ini juga bisa mengangkat perekonomian masyarakat diantaranya banyak para pedagang yang berjualan di arena Pawai dan Safari diadakan.” kata Joko Purwanto saat memberikan sambutan.

Dalam kesempatan ini Azib Triyanto selaku Ketua Badko TPQ Kecamatan Bayat juga menghadirkan juru kisah islami Nasional,Trainer bercerita dan Pesulap Edukasi yaitu Bunda Likah Bersama Boneka yang lucu yang Bernama Liku.

“Penyampaian pengajian yang dikemas dengan berkisah dunia anak’ ini sangat menarik dan antusias peserta mendengarkan dan mengikutinya juga sangat tinggi.” ungkap Azib. 

Banyak pihak sangat mengharapkan kedepan kegiatan ini bisa berlanjut secara rutin, keliling dari desa satu ke desa lainnya. Selain untuk mengetahui kondisi TPQ dan juga sebagai motivasi dan pembinaan kepada TPQ yang ada di wilayah Bayat Klaten. (Ist/red)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply