Tahun Ini Festival Kethoprak Pelajar Kembali Akan Digelar

 PENDIDIKAN BUDAYA


LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Sebanyak 16 sekolah terdiri dari 9 SD dan 7 SMP di Kabupaten Klaten siap ikut ambil bagian pada Festival Kethoprak Pelajar (FKP) ke-12 Tahun 2023 yang akan diadakan oleh Dewan Kesenian (Wankes) Kabupaten Klaten bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten di SD Krista Gracia Klaten selama dua hari, Sabtu dan Minggu, 4 dan 5 November 2023.

Demikian dikatakan Ketua Panitia FKP ke-12 Wankes Klaten Tahun 2023, Heti Purwani didampingi Wakil Ketua Wankes Klaten Ki Suwito Radyo, SKar dan Sekretaris Umum Wankes Klaten, Djoko Sardjono dan panitia Indah Kurnia Anisafitri kepada sejumlah awak media di Omah Wayang Danguran, Klaten Selatan, Senin, 30 Oktober 2023.

Dikatakan, FKP ke-12 akan dibuka pada Sabtu, 4 November 2023 pukul 13.00 WIB yang dilanjutkan dengan penampilan peserta FKP untuk SMP masing-masing SMPN 4 Klaten (Lakon Anusapati), MTS Muhammadiyah Trucuk (Jaka Tingkir), SMPN 1 Klaten (Ubaling Katresnan), SMP Muhammadiyah 5 Ngupit, Ngawen (Salatiga), SMPN 7 Klaten (Sri Huning), SMP Lazuardi Al Falah Klaten (Maling Soka) dan SMPN 2 Karangnongko (Lakon Nista).

Selanjutnya, kata Heti Purwani, pada FKP hari kedua, Minggu, 5 November 2023 mulai pukul 09.00 WIB menampilkan 9 SD atau sederajat masing-masing SDN 1 Dompol (Lakon Bhayangkara Majapahit), SDN Pakahan (Nyi Ageng Serang), SDN 1 Wonoboyo (Prahara Bumi Mataram), SDN 3 Kalikotes (Tingkir Winisuda), SDN 6 Jimbung (Jaka Blawa), SDN 1 Jimbung (Ranggalawe), SDN 2 Jomboran (Keris Empu Gandring), MIM Puluhan Trucuk (Cindelaras) dan SDN 2 Ngemplakseneng (Lakon Ampak-Ampak Singasari).

Wakil Ketua Wankes Klaten Ki Suwito Radyo, Skar pada acara itu mengungkapkan, tujuan FKP ke-12 Tahun 2023 antara lain untuk melestarikan dan meregenerasikan nilai-nilai luhur budaya Jawa sebagai warisan budaya tak benda utamanya dalam upaya mendukung pendidikan karakter melalui seni budaya kethoprak. Kemudian untuk menyediakan media kreatifitas dan apresiasi bagi upaya pengembangan karya seni budaya kethoprak bagi masyarakat, serta untuk menjadikan seni ketoprak sebagai ikon Kabupaten Klaten menuju Kota Kethoprak.

“Peserta FKP baik SD maupun SMP dapat menyiapkan pengiring sendiri grup karawitan yang dimiliki, namun panitia juga menyiapkan tim pengirim untuk antisipasi bagi tim FKP yang belum punya pengiring. Yang terpenting adalah anak senang terlebih dahulu dengan seni kethoprak, setelah senang nantinya akan ikut melestarikan seni kethoprak karena banyak nilai yang bisa dipetik seperti gotong royong, kebersamaan, religiusitas serta kreatifitas,” kata Ki Suwito Radyo yang selama ini dikenal sebagai dedengkotnya seni karawitan dan kethoprak di Klaten.

Lebih lanjut dikatakan, pada FKP ke-12 ini setiap peserta memiliki waktu tampil sekitar 45 menit sampai 50 menit. Adapun dewan juri pada FKP ke-12 tahun 2023 ini masing-masing Sriyanta, SPd, MPd menjabat Kepala SMK Rota Bayat, Klaten, ST Wiyono dari Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT) Surakarta,  dan Ki Wuryadi Wignyoswara dari SMK 1 Kasihan Yogyakarta sekaligus Abdi Dalem Keraton Yogyakarta.

Sedangkan Indah Kurnia Anisafitri selaku tim teknis panitia menambahkan, FKP ke-12 tahun 2023 yang dinilai antara lain Mungguh (Jenis lakon casting dan ketepatan waktu), Blocking dan acting (Tata pentas dan penjiwaan pemeran), Bahasa dan sastra (Penggunaan Bahasa Jawa), Penyutradaraan (Alur cerita, sanggit cerita dan teknik garap), Tata artistik (Kesesuaian setting tempat dan property pendukung).

Ditambahkan, pada FKP ke-12 Tahun 2023 ini memperebutkan kejuaraan dengan 30 kategori antara lain 11 kejuaraan untuk kategori sekolah atau grup dan 18 kejuaraan personal. Untuk kejuaraan grup diantaranya Juara Umum piala bergilir Bupati Klaten, juara penyaji terbaik I, II dan III, Juara penyaji terbaik penyaji harapan I, II dan III Juara penyaji terbaik tata stage artistik terbaiik I, II dan III serta juara favourite.

Sedangkan untuk kejuaraan personal antara lain Sutradara terbaik I, II dan III, Pemeran putri terbaik I, II dan III, Pemeran pembantu putri terbaik I, II dan III. Kemudian Pemeran putra terbaik I, II dan III,  Pemeran pembantu putra terbaik I, II dan III serta Dagelan terbaik I, II dan III.

“Mari warga Klaten untuk menyaksikan FKP ke-12 Tahun 2023. Warga yang menonton FKP tidak dipungut biaya atau gratis,” kata Indah Kurnia. (Ist/red)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply