Tahun Ajaran 2024 – 2025, SMPN 1 Kalikotes Akan Terima Siswa Baru 9 Kelas

 PENDIDIKAN BUDAYA

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 (SMPN 1) Kalikotes mulai hari Senin (10/6/2024) mulai membuka Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2024/2025, dan akan berakhir pada hari Kamis (13/6/2024).

Adapun Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMPN 1 Kalikotes akan  diumumkan pada hari Sabtu (15/6/2024). Sementara pendaftaran ulang calon siswa baru dimulai hari  Rabu (19/6/2024) sampai hari  Kamis (20/6/2024).

Kepala Sekolah SMPN 1 Kalikotes, Anik Ariastuti, SPd. MPd kepada Lintassolorayanews.com di kantornya menyampaikan,  pada Proses Penerimaan Peserta Didik Baru tahun ini, SMPN 1 Kalikotes akan menerima siswa sebanyak 288 yang terdiri dari 9 rombel atau kelas.
Pendaftaran siswa baru di SMPN 1 Kalikotes dilakukan secara daring atau on line. Namun bagi orang tua atau wali murid calon siswa baru yang mengalami kesulitan mendaftar secara on line, dapat meminta bantuan panitia penerimaan peserta didik baru di sekolah untuk proses pendaftaran secara on line.

 

Lebih lanjut dijelaskan Anik Ariastuti,  PPDB di SMP N 1 Kalikotes, sebagaimana juga diterapkan di SMP Negeri lainnya di seluruh wilayah kabupaten Klaten,  dilaksanakan dalam  empat jalur yaitu jalur zonasi sebesar 50%, jalur Prestasi sebesar  30%, jalur afirmasi sebesar 15% dan jalur PTO (Pindah Tugas Orang tua) sebanyak 5 %. Untuk wilayah desa Jimbung, ada kuota khusus sebanyak 5% dari jalur zonasi, atau sekitar 14 siswa baru dari desa Jimbung yang bisa langsung diterima di SMPN 1 Kalikotes .

Lebih lanjut Anik berharap, kepada calon siswa baru yang sekiranya memiliki prestasi atau nilai akademik yang bagus dan jarak rumah dengan sekolah masih masuk kategori jarak aman zonasi yaitu 1,5 km, bisa langsung mendaftar melalui jalur zonasi. 

Dan  bagi calon siswa baru yang memiliki KIP atau terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) bisa langsung mendaftar melalui jalur afirmasi.

” Kita ingin memberi kesempatan kepada siswa atau anak didik yang berprestasi dan memiliki keinginan kuat untuk dapat bersekolah di SMPN 1 Kalikotes tetapi terbentur oleh jarak rumah dengan SMPN 1 Kalikotes yang sangat jauh atau di luar zonasi, agar bisa bersekolah di SMPN 1 Kalikotes..” jelas Anik Ariastuti. (Jon’s)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply