Suhud Eko Yuwono :  “Rakorda MPI Klaten Digitalisasi dan Literasi Untuk  Lintas Lembaga Muhammadiyah “

 PENDIDIKAN BUDAYA


LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah ( PDM ) Klaten yang membidangi Majelis Pustaka dan Informasi ( MPI )  Suhud Eko Yuwono mengatakan bahwa di Era sekarang ini peran Majelis Pustaka dan Informasi ( MPI ) untuk mewujudkan  Digitalisasi dan literasi berbagai aktifitas di Muhammadiyah dan Ausyiyah Klaten dirasa sangat penting.

MPI adalah Badan  Pembantu Persyarikatan  PDM Klaten yang memiliki fungsi menangani semua hal kepustakaan, informasi dan juga digital, sebagai bentuk aktif organisasi untuk mengikuti perkembangan jaman saat ini.

Menurutnya program kerja  yang disusun MPI  mengeksplorasi semua bidang atau aspek pustaka, informasi, dan pengembangan manajemen  Muhammadiyah yakni menggunakan sistem informasi dan teknologi digital.

“Program kerja ini berusaha untuk meng-cover kebutuhan manajemn kekinian Muhammadiyah  yang didasarkan atas sistem informasi dan digital,” imbuhnya.

Dalam  sambutannya Suhud mengatakan  terdapat lima usulan yang diajukan, yakni Perpustakaan, Informasi dan Digitalisasi, Program, Biaya, dan Kerja Sama.

“Untuk usulan Perpustakaan, MPI berusaha menampilkan  link berbagai perpustakaan dunia hingga  Muhammadiyah sendiri agar bisa digunakan untuk rujukan warga Muhammadiyah dan masyarakat luas.
Bidang ini  menghadirkan perpustakaan dunia agar menjadi bacaan yang komprehensif,” jelasnya.

Dikatakan terkait inventarisasi dan katalogisasi buku dan jurnal produksi Muhammadiyah serta Informasi tentang  jurnal buku-buku terkait profil yang bisa digunakan menjadi bahan bacaan warga Muhammadiyah dan masyarakat luas memang diakui masih minim.

“MPI berperan sebagai pemberdayaan dan pendampingan terhadap penerbitan yang ada di  Muhammadiyah dan  AUM yang ada perlu menjadi perhatian dan pemikiran ke depan,” paparnya.

Sementara informasi dan digitalisasi, bidang ini mendeskripsikan, menyusun, dan mengembangkan data dasar dengan menggunakan sistem informatika dan digital.

“Data yang disusun antara lain semua manajemen Muhammadiyah Daerah di semua tingkatan,” tuturnya.

Menurut Suhud Eko Yuwono Majelis Pustaka dan Informasi mempunyai tugas :
Mengoptimalkan pemanfaatan multimedia dan teknologi informasi untuk menopang aktivitas Persyarikatan meliputi media elektronik, dalam hal ini radio dan televisi, media internet dan mobile devices, media cetak, dan lain-lain;
Meningkatkan pengelolaan dan pelayanan perpustakaan yang berfungsi untuk pengembangan pengetahuan dan informasi warga Persyarikatan dan masyarakat luas;
dan Melaksanakan pelatihan pustakawan dan public relations dalam menunjang pelayanan dan fungsi-fungsi tugas Persyarikatan;
serta Meningkatkan pelayanan publikasi baik yang bersifat cetak misalnya profil sekolah dan AUM, Jurnal, dan buku-buku yang lain  maupun media elektronik sebagai bagian penting dalam pengembangan syi’ar Persyarikatan. (Moch.Isnaeni)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply