SMP N 1 Kalikotes Ikut Ramaikan Rakopam DLH Klaten Tahun 2023

 PENDIDIKAN BUDAYA

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Sekolah Menengah Pertama Negeri 1  Kalikotes ikut berpartisipasi dalam ajang Rapat Koordinasi dan Pameran (Rakopam) yang diselenggarakan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Klaten di Taman Hutan Kota Gergunung, desa Gergunung kecamatan Klaten Utara, Rabu (15/11/2023).

Kepala SMP N 1 Kalikotes, Anik Aryastuti, S.Pd. M.Pd kepada Lintassolorayanews.com menjelaskan, sebagai sekolah Adi Wiyata tingkat Propinsi, SMP N 1 Kalikotes mendapat rekomendasi dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Klaten untuk mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi dan Pameran (Rakopam) tahun 2023 di taman hutan kota Gergunung.

” Tidak semua sekolah Adi Wiyata tingkat Propinsi yang di Klaten ini yang mendapat rekomendasi untuk mengikuti Rakopam ini. Kita beruntung dapat ikut kegiatan Rakopam ini sehingga warga masyarakat akan mengetahui sampai sejauh mana kegiatan dan kepedulian para siswa di sekolah kami atas pelestarian lingkungan hidup…” jelas Anik Aryastuti.

Lebih lanjut dijelaskan Anik Aryastuti, dalam hal upaya kepedulian dan  pelestarian lingkungan hidup diwujudkan para siswa siswi SMP N 1 Kalikotes dengan kegiatan membuat karya batik ecoprint. Selanjutnya pembuatan pupuk organik dari sampah dedaunan yang ada di sekolah yang dikumpulkan dan diolah menjadi pupuk organik dan juga membuat pupuk cair dengan nama Mollase. Sedangkan sampah plastik oleh siswa dibuat aneka kerajinan tangan.

” Para siswa kami gerakkan untuk mengumpulkan sampah dedaunan yang ada di sekolah, kemudian diolah menjadi pupuk organik yang sangat berguna sebagai suplemen penyubur tanaman. Sementara sampah yang berbahan plastik, oleh para siswa dibuat aneka kerajinan tangan yang dapat dimanfaatkan sebagai hiasan …” ungkap Anik Aryastuti.

Sementara Ketua pelaksana kegiatan pameran dan penanggung jawab kegiatan  dari SMP Negeri 1 Kalikotes, Ginanjar Budi Raharja menyatakan, para siswa dari SMP N 1 Kalikotes mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi dan Pameran (Rakopam) ke dua tahun 2023 dengan menampilkan karya kreatifitas yang berbahan limbah atau sampah. Baik itu yang berupa karya kreatifitas produk kerajinan tangan maupun pupuk organik maupun pupuk cair yang sangat berguna bagi pertumbuhan tanaman. (Jon’s)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply