SMKN 1 Gantiwarno Memperkuat Profil Pelajar Pancasila Dengan Melestarikan Seni Budaya Tradisional Kethoprak

 PENDIDIKAN BUDAYA

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Dalam rangka melaksanakan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagaimana diamanatkan dalam kurikulum merdeka, hari Rabu (19/6/2024) dan Kamis (20/6/2024) segenap civitas akademika Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Gantiwarno menyelenggarakan pentas kesenian ketoprak bertempat di gedung olah raga SMKN 1 Gantiwarno, desa Gentan kecamatan Gantiwarno.

Selain untuk mengimplementasikan proyek penguatan profil pelajar Pancasila dari kurikulum merdeka, kegiatan pentas seni kethoprak tersebut juga dalam rangka merayakan peringatan hari ulang tahun SMKN 1 Gantiwarno yang memasuki usia ke 20 tahun. Tepatnya hari berdirinya SMKN 1 Gantiwarno adalah pada tanggal 1 Juni tahun 2004.

Plt. Kepala SMKN 1 Gantiwarno, Muhammad Woro kepada Lintassolorayanews.com menjelaskan, pentas seni budaya tradisional kethoprak yang dilakukan oleh para siswa kelas X ini diselenggarakan selama dua hari dengan mementaskan sepuluh lakon.
” Kemarin kita pentaskan lima lakon dan hari ini juga lima lakon..” ucap Muhammad Woro.

Lebih lanjut diterangkan Woro, dengan mementaskan kesenian tradisional kethoprak ini kita mengajak para siswa untuk nguri uri atau melestarikan salah satu bentuk seni budaya tradisional yang dimiliki bangsa ini.

” Dari seni budaya tradisional juga kita dapat memetik pelajaran tentang aturan dan norma kehidupan yang berlaku di dalam masyarakat kita..” kata Woro.

Sementara Ketua Komite SMKN 1 Gantiwarno, Sihono menyampaikan terima kasih kepada pihak sekolah yang telah memberi kesempatan dan fasilitas kepada para siswa untuk belajar mengenai seni tradisional kethoprak.
” Dengan berkesenian kethoprak ini para siswa belajar tentang kerjasama dan kekompakan  tim. Mereka harus bersinergi dengan para krew gamelan, para penata sound, para pelatih mereka dan juga teman teman mereka yang ikut main..” jelas Sihono, yang juga anggota Dewan Kesenian Kabupaten Klaten ini.

Dalam acara ini terlihat hadir para mantan Kepala SMK N1 Gantiwarno yang sudah purna. Juga terlihat hadir Sekretaris Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Tengah Wilayah V, Sihono mewakili Koordinator Wilayah V Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Tengah.

Dalam sambutannya, Sekretaris Dinas Pendidikan Wilayah V Provinsi Jawa Tengah, Sihono menyampaikan  bahwa meski berlokasi di daerah pinggiran dan perbatasan dengan kabupaten Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta, SMKN1 Gantiwarno sekarang ini menyandang sebagai sekolah dengan predikat Pusat Keunggulan (PK).

” Tidak banyak sekolah dengan predikat sebagai sekolah Pusat Keunggulan (PK) di propinsi Jawa Tengah.  Dan sekarang ini sudah banyak orang tua yang mempercayakan pendidikan anaknya di SMKN 1 Gantiwarno. Buktinya pada proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini sudah lebih dari 500 calon siswa yang mendaftar di sekolah ini. Padahal daya tampung kelas baru di SMKN 1 Gantiwarno tidak lebih dari 300 …” jelas Sihono. (Jon’s)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply