SMAN 1 Klaten Deklarasi Tolak Bullying dan Perundungan

 PENDIDIKAN BUDAYA

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Bertepatan dengan momentum Hari Pahlawan 2023, Sekolah Nenengah Atas Negeri (SMAN) 1 Kabupaten Klaten menggelar Deklarasi Gerakan Ayo Rukun atau Aksi Gotong Royong Berantas untuk Kekerasan dan Perundungan yang diadakan usai upacara Hari Pahlawan di Halaman Utama SMAN 1 Klaten, Jumat pagi, 10 November 2023.

Deklarasi Gerakan Ayo Rukun dipimpin langsung oleh Kepala SMAN 1 Klaten, Tantri Ambarsari, SPd, MEng. Dalam sambutannya, Kepala SMAN 1 Kabupaten Klaten, Tantri Ambarsari, SPd, MEng mengatakan, Deklarasi Ayo Rukun sebagai wujud implementasi Permendikbudristek  Nomor 46 Tahun 2023 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan. Maka dari itu Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah termasuk SMAN 1 Klaten menginisiai Deklarasi Ayo Rukun.

Dikatakan, deklarasi Aksi Gotong Royong Berantas untuk Kekerasan dan Perundungan  menolak enam aksi kekerasan di sekolah masing-masing menolak kekerasan fisik, menolak kekerasan psikis, menolak perundungan, menolak kekerasan seksual, menolak diskriminasi dan intoleransi serta menolak kebijakan yang mengandung kekerasan. Sehingga tercipta kerukunan, terwujud Kesehatan psikis, jiwa dan raga di sekolah.

“Melalui Deklarasi Ayo Rukun saya warga SMAN 1 Klaten sayang teman, saling menghormati dan menghargai sesama warga SMAN 1 Klaten. Saya pastikan dengan Deklarasi Ayo Rukun, di SMAN 1 Klaten tidak ada bullying, tidak ada kekerasan dan tidak ada perundungan antar guru, antar guru dengan murid, antar murid dengan murid, semua berbahagia dan saling menyanyanyi antar warga sekolah,” ujar Tantri Ambarsari, SPd, M.Eng.

Dari pantauan di lokasi acara,  Deklarasi Ayo Rukun di SMAN 1 Klaten dimulai sekitar pukul 08.00 WIB atau setelah upacara Hari Pahlawan 2023. Acara tersebut dipandu guru SMAN 1 Klaten, Resmiyati, SPd, MPd yang diawali dengan sambutan Kepala SMAN 1 Klaten, Tantri Ambarsari, SPd, MEng.

Setelah itu dilanjutkan dengan menyanyikan bersama jingle Lagu Ayo Rukun oleh para siswa SMAN 1 Klaten serta kirab poster Ayo Rukun juga oleh para siswa SMAN 1 Klaten. Aneka poster dibawa para siswa SMAN 1 Klaten antara lain bertuliskan Stop Bullying, Stop Perundungan, Stop Cyberbullying dan aneka poster menolak kekerasan.

Selanjutnya dilakukan pembacaan Deklarasi Ayo Rukun yang dibacakan Kepala SMAN 1 Klaten Tantri Ambarsari, SPd, M.Eng yang diikuti Bapak Ibu Guru dan para siswa. Setelah itu dilanjutkan penandatanganan berita acara Deklarasi Ayo Rukun yang ditandatangani beberapa unsur masing-masing Ketua Majelis Perwakilan Kelas (MPK) SMAN 1 Klaten, Mochammad Al Farisky Mulyono, Ketua OSIS SMAN 1 Klaten, Arya Satya Wiguna.
Kemudian juga ditandatangani perwakilan pendidik Drs Yudi Saroso, MPd, perwakilan tenaga kependidikan Retno Tyasning Dewi, perwakilan orang tua Daru Prapti, SPd, MPd,  Komite Sekolah SMAN 1 Klaten Drs Sumargono, MSi dan Kepala SMAN 1 Klaten Tantri Ambarsari, SPd, MEng. Setelah penandatanganan berita acara Deklarasi Ayo Rukun, dilanjutkan penandatanganan di banner warna putih yang disiapkan di Halaman SMAN 1 Klaten.

Ada enam banner warna putih yang disiapkan untuk ditandatangani yang diawali oleh Kepala SMAN 1 Klaten Tantri Ambarsari, SPd, MEng yang diikuti jajaran Bapak dan Ibu Guru serta tenaga kependidikan. Kemudian semua siswa juga membubuhkan tendatangan di banner tersebut sebagai bentuk komitmen bahwa semua warga sekolah di SMAN 1 Klaten untuk mewujudkan Deklarasi Ayo Rukun dengan menolak segala bentuk bullying, kekerasan dan perundungan. Acara deklarasi Ayo Rokun di SMAN 1 Klaten berakhir sekitar pukul 10.00 WIB. (Ist/Prokopim-klt)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply