Setelah Vakum Beberapa Tahun, Dewan Kesenian Klaten Kembali Gelar Festival Kethoprak Pelajar ke 12 Tahun 2023

 PENDIDIKAN BUDAYA

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Dewan Kesenian Kabupaten Klaten yang berkolaborasi dengan Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Klaten beserta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Klaten kembali menggelar Festival Kethoprak Pelajar (FKP) tingkat SD/SLTP ke 12 tahun 2023 bertempat di aula Sekolah Dasar Krista Gracia Klaten, Sabtu (4/11/2023).

Festival Kethoprak Pelajar Kabupaten Klaten sempat vakum selama beberapa tahun karena adanya pandemi Covid 19. Pada Festival Kethoprak Pelajar ke 11 keluar sebagai juara pertama adalah grup kethoprak dari siswa siswi SMP Negeri 4 Klaten pada tahun 2019 yang lalu.

FKP kali ini dilaksanakan selama dua hari, Sabtu (4-5/11/2023) diikuti oleh 16 grup kethoprak pelajar SD/SMP dari seluruh wilayah kabupaten Klaten.

Dalam acara pembukaan Festival Kethoprak Pelajar Kabupaten Klaten tahun 2023, Plh. Bupati Klaten yang diwakili oleh Kabid Kebudayaan, Disbuporapar Kabupaten Klaten,  Anang Setyo Jati menyampaikan kata sambutan antara lain, diadakannya Festival Kethoprak Pelajar di kabupaten Klaten adalah salah satu upaya melestarikan seni budaya tradisional di kalangan generasi muda dan juga merupakan upaya menumbuh kembangkan kreatifitas seni di kalangan generasi muda.

Selanjutnya juga disampaikan bupati, bahwa di dalam seni kethoprak mengandung nilai nilai atau norma norma luhur bangsa yang patut untuk diteladani oleh generasi muda saat ini.

Disamping itu, di dalam seni kethoprak juga terkandung nilai nilai sejarah bangsa yang harus dimengerti dan dipahami oleh generasi muda umumnya dan kalangan pelajar khususnya.

Sementara Sekretaris Umum Dewan Kesenian Kabupaten Klaten, Joko Sarjono dalam kata sambutannya menekankan bahwa melalui seni kethoprak ditanamkan nilai nilai atau norma sosial luhur bangsa sebagai upaya memberikan tuntunan dan bentuk pendidikan karakter pada kaum muda.

Karena di dalam kesenian kethoprak itu terkandung kisah kisah aktual yang terjadi dalam kehidupan masyarakat yang dapat dipetik pelajaran dan memberikan tuntunan serta pendidikan karakter maka harus ada upaya pelestarian akan kesenian kethoprak tersebut. (Jon’s)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply