Selesai Melaksanakan KKN, 267 Mahasiswa Unwidha Klaten Kembali Ke Kampus

 PENDIDIKAN BUDAYA

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Setelah selesai melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) selama satu bulan di 10 desa di tiga wilayah kecamatan di kabupaten Klaten, hari ini sejumlah  267 mahasiswa dari berbagai jurusan atau program studi di Universitas Widya Dharma (Unwidha) Klaten, hari Kamis (31/8/2023) kembali ditarik ke Kampus oleh pihak Kampus Unwidha.

Sejumlah 267 mahasiswa Unwidha Klaten  selama satu bulan diterjunkan ke tujuh desa di kecamatan Kebonarum, satu desa di kecamatan Klaten Tengah dan dua desa di kecamatan Kalikotes untuk melaksanakan KKN.

Kesepuluh desa yang menjadi lokasi KKN mahasiswa Unwidha kali ini merupakan desa wisata sehingga selama melaksanakan KKN di desa tersebut, para mahasiswa dituntut untuk melakukan kegiatan yang menunjang program desa wisata.

Desa Jimbung merupakan salah satu desa di kecamatan Kalikotes yang menjadi lokasi KKN sebanyak 38 mahasiswa Unwidha. Menurut Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) mahasiswa Unwidha yang melaksanakan KKN di desa Jimbung, Wayan Angga, para mahasiswa berupaya menggali potensi wisata di desa Jimbung untuk dikembangkan lebih lanjut agar dapat menarik kunjungan wisatawan yang akhirnya berdampak pada peningkatan kesejahteraan warga desa Jimbung.

” Misalnya, pada moment peringatan hari ulang tahun proklamasi kemerdekaan kemarin, para mahasiswa mengorganisir para pemuda di desa Jimbung untuk mengadakan berbagai acara atau kegiatan dan dalam setiap acara tersebut muncul para pelaku UMKM yang ikut menjajakan produknya kepada para penonton acara tersebut. Dengan begitu secara tidak langsung ada geliat ekonomi warga desa Jimbung…” jelas Wayan.

Kepala desa Jimbung, Sudiyo menyatakan berterima kasih kepada kampus Unwidha umumnya dan para mahasiswa yang telah melaksanakan KKN di desa Jimbung. Kehadiran para mahasiswa KKN di desa Jimbung telah memberikan kontribusi yang positif kepada semangat warga desa Jimbung dalam bekerja mengembangkan potensi wisata yang dimiliki desa Jimbung.

Demikian juga yang dilaksanakan oleh para mahasiswa Unwidha yang melakukan KKN di desa desa yang lain, yaitu menggali dan mengembangkan potensi wisata di desanya masing masing. (Jon’s)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply