Program Dospulkam IPB University Bogor Berikan Pelatihan Budidaya Udang Vaname Kepada Warga Imorenggo, Karangsewu Galur Kulon Progo

 PENDIDIKAN BUDAYA

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KULON PROGO – Bertempat di pendopo pertemuan warga dukuh Imorenggo kalurahan Karangasem Kapanewon (kecamatan) Galur kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta hari Senin (1/6/2024) telah diselenggarakan program Dosen Pulang Kampung (Dospulkam) tahun 2024 yang berupa kegiatan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Pelatihan Budidaya Udang Vaname Olen dosen dosen dari Departemen Budidaya Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB University Bogor kepada warga pembudidaya udang Vaname dari desa setempat.

Ketua Tim Program Dospulkam IPB University tahun 2024, Prof. Dr. Iis Diatin dalam kata sambutannya menyampaikan, IPB University mengembangkan dan melakukan diseminasi inovasi hasil penelitian IPTEKS yang siap diimplementasikan di masyarakat serta memberikan kontribusi nyata bagi kesejahteraan dan kemajuan bangsa Indonesia dengan membumikannya melalui  berbagai kegiatan pengabdian kepada masyarakat. IPB University mendorong dosen untuk melakukan kegiatan pengabdian masyarakat melalui Program Dosen Pulang Kampung (Dospulkam) tahun 2024. Program ini memanfaatkan keahlian civitas akademika IPB, khususnya dosen IPB untuk memecahkan masalah dan menghasilkan karya nyata di masyarakat. Dosen dosen dari Departemen Budidaya Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan telah melaksanakan kegiatan pengabdian di Kalurahan Karangsewu Kapanewon Galur Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Program yang dijalankan dari kegiatan Dospulkam ini adalah pelatihan dengan tema “Peningkatan Produktivitas Tambak Udang Vaname Melalui Pengembangan Sumber Daya Manusia. Sebanyak 35 peserta pelaku pembudidaya udang dilatih oleh dosen dosen IPB University, antara lain Prof. Dr. Iis Diatin, Dr. Yani Hadiroseyani, Dr. Irzal Effendi, Dr. Tatag Budiardi, Prof. Dr. Widanarni, Dr. Apriana Vinasyiam dengan keahlian masing masing yang berbeda, diantaranya ahli dibidang Manajemen Akuakultur dan Kesehatan Ikan.

Pelatihan ini mengusung tema “Peningkatan Produktivitas Tambak Udang Vaname Melalui Pengembangan Sumber Daya Manusia” dengan fokus membahas tentang pengembangan Tehnik Budidaya Udang Vaname, Aplikasi Probiotik dan Manajemen Bisnis Udang Vaname. Para pembudidaya udang Vaname diberikan pelatihan dan pengetahuan untuk menerapkan tehnis budidaya udang Vaname yang optimal, manfaat dan penggunaan probiotik serta manajemen bisnis budidaya udang Vaname agar produktivitas budidaya udang Vaname meningkat, berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Harapan agar IPB University dan Pemerintah setempat beserta para pembudidaya udang Vaname tetap berkolaborasi dan bekerjasama untuk mengembangkan dan menerapkan inovasi dalam budidaya udang Vaname sehingga berdampak pada peningkatan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat, khususnya para pembudidaya.

Triyanto Harjana, Ulu ulu (Kasie Perencanaan dan Pembangunan) Pemerintah Kalurahan Karangsewu mewakili Kepala Kalurahan menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Tim Dospulkam dari IPB University yang telah memberikan pelatihan mengenai pembudidayaan udang Vaname dan cara cara pencegahan penyakit pada udang serta manajemen pemasaran produk tambak udang Vaname di dukuh Imorenggo kalurahan Karangsewu.

” Saya berharap kegiatan ini akan berkelanjutan agar produktivitas para petambak udang di sini meningkat kesejahteraan hidupnya…” ungkap Triyanto Harjana.

Sementara Fahri, salah seorang pembudidaya udang Vaname yang ikut dalam pelatihan tersebut kepada Lintassolorayanews.com menyatakan, dengan mengikuti pelatihan ini para pembudidaya udang Vaname menjadi lebih mengerti berbagai aspek dalam budidaya udang Vaname. Antara lain, dalam hal pencegahan penyakit pada udang, dalam hal pemberian pakan yang baik dan juga dalam hal pemasaran hasil tambak.

Kemudian seorang peserta pelatihan yang lain yaitu Arif Handoko menyampaikan, dengan mengikuti pelatihan ini kami mendapatkan ilmu atau pemikiran baru selain apa yang kami ketahui selama ini terkait manajemen bisnis tambak udang Vaname.

” Kita mendapatkan “second opinion” dari para ahli di bidang Budi daya udang Vaname serta manajemen bisnisnya. Semoga ke depannya hal ini ada kelanjutannya…” kata Arif Handoko.

Acara hari itu dihadiri oleh Triyanto Harjana Kasie Perencanaan dan Pembangunan (Ulu ulu) Pemerintah Kalurahan Karangsewu, Solichin Kepala Dukuh Imorenggo dan Ibu Suprihatini, S.PI Penyuluh Perikanan Kabupaten Kulon Progo. (Jon’s)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply