Olympicad VII Nasional 2024  Digelar di Bandung, Ini Tiga Cabang Lomba Tervaforit dan Hasil Kejuaraan dari Klaten

 PENDIDIKAN BUDAYA

LINTASSOLORAYANEWS.COM / BANDUNG – Majelis Pendidikan Dasar Menengah dan Pendidikan Non Formal Pimpinan Pusat Muhammadiyah  menyelenggarakan Olimpiade Ahmad Dahlan (OlympicAD) VII Nasional tahun 2024 ini di Bandung.

Kegiatan akbar dua tahun sekali ini dipusatkan di Bandung, Jawa Barat pada Rabu-Jumat, 6-8 Maret 2024 yang kalu.

Tidak kurang dari  8.000 peserta di seluruh Indonesia  mengikuti OlympicAD VII Nasional itu. Dan 20.000 orang tumpah ruah memeriahkan perhelatan akbar tersebut.

Dalam kegiatan Olympicad VII Nasional ini, ternyata mengundang daya tarik tersendiri bagi pelajar Muhammadiyah se-Indonesia.

Sebanyak 33 mata lomba untuk empat jenjang Pendidikan SD, SMP, SMA dan SMK diikuti tidak  kurang  dari  5.000 an  pelajar. Hingga menjelang penutupan pendaftaran, terdapat tiga mata lomba yang paling banyak diikuti.

Ketiga lomba tersebut adalah
Pertama, Matematika. Mata pelajaran yang menakutkan ini, ternyata menjadi mata lomba terfavorit. Baik untuk tingkat SD, SMP, SMA, maupun SMK, mata lomba ini diikuti oleh mayoritas peserta Olympicad. Secara tidak langsung ini menunjukkan pelajar Muhammadiyah sangat menyenangi pelajaran eksak ini. Sebanyak 430 peserta mengikuti mata lomba matematika dari semua tingkatan. Mata lomba ini akan menjadi mata lomba dengan persaingan ketat. Dan tentunya peminat matematika telah  menyaksikan lomba ini dengan antusias. 

Kedua, Hifzil Quran. Hafalan Al-Quran menjadi mata lomba terfavorit kedua. Hapalan Al-Quran sudah menjadi ciri khas sekolah Muhammadiyah. Banyak sekolah Muhammadiyah yang mensyaratkan hafalan Al-Quran untuk kelulusannya. Sebanyak 374 peserta Hifzil Quran  menjaga hafalannya dalam Olympicad tahun ini. Para Hafiz dan Hafizah pelajar Muhammadiyah ini merupakan pelajar terbaik di sekolahnya masing-masing. Tentunya didampingi oleh para guru ustadz dan ustadzah  pembimbing hafalannya.

Ketiga, News Reading in English. Varian mata lomba terfavorit semakin beragam dengan menempatkan News Reading in English sebagai mata lomba terfavorit ketiga.

Kemampuan berbahasa asing, terutama bahasa Inggris telah terbiasa di sekolah Muhammadiyah. Mata lomba News Reading ini seakan-akan menunjukkan bahwa pelajar Muhammadiyah sudah adaptif dengan bahasa Inggris.

Sebanyak 260 peserta mata lomba News Reading in English ini debgan  cas cis cus membacakan berita dalam bahasa Inggris. Selain kefasihan dalam pronunciations, juga gaya membaca akan menjadi daya tarik sendiri.

Dengan Olympicad ini diharapkan lahir kader-kader persyarikatan  baru dari lomba ini. Bila melihat diferensiasi mata lomba terfavorit mulai dari eksak, ismu, dan bahasa menunjukkan pelajar Muhammadiyah menguasai ketiga varian ini. Secara tidak langsung ketiga mata lomba inilah kelebihan dari sekolah Muhammadiyah. 

Kepala SMA 1 Muhammadiyah Klaten Aris Munawar dan Ketua PDM Klaten Suhud Eko Yuwono menyampaikan hasil kejuaraan tersebut dari Klaten sebagai berikut : Perolehan Emas
1. SMK Muh 2 Jatinom (Otomotif)
2. SMP Muh 9 Karanganom (D.Poster)
3. SMK Muh 2 Jatinom (Film Indie)
4. SD Muhammadiyah PK Rabbani (Praktik Baik Pengelolaan Sekolah).
5. SMP MUH 1(Kaligrafi Pi)

Perolehan Perak
1. SMP AISYIYAH FD (robotik)
2. SMPI-PK Muh Delanggu (robotik)
3. SMA Muhammadiyah 1 klaten ( kaligrafi)
4. SMK Muh 1 Klaten Utara (IPA)
5. SMK Muh 2 Jatinom (Dakwah Digital)
6. Smpit Muh An Najah Jatinom (Best Praktis KS)
7. MIM Srebegan (Best Praktise)
8. MAM (MBS klaten)Fahmil Qur’an Putra.
9. SMP Muh Sinar Fajar (Best Practice_ KS)
10. MIM Gading 1_ MFQ
11. SMP Muh Sinar Fajar_ Hifdzil Qur’an
12. ⁠SDIT Muh. Sinar Fajar_ Ismu in arabic
13. SMK Muhammadiyah Delanggu_Business Plan
14. SMA Muhammadiya 1 Klaten_MTQ
15. ⁠SMA Muhammadiyah 1 klaten_ ISMU IN ARABIC
16. MTs Muhammadiyah 1 Klaten,MHQ (fahmil Qur’an)

_Perolehan  Perunggu_
1. SMK Muh 2 Jatinom (Otomotif)
2. SD Muh Tonggalan (Kaligrafi Pa)
3. SD Muh Tonggalan (Kaligrafi Pi)

4. SMK MUH 1 Klaten Utara (Matematika)
5. SMPIT Muhammadiyah An Najah (Film Indie)
6. SMK MUH 1 Klaten Utara (Esport)
7. SD Muhammadiyah PK Rabbani (Film Indie)
8. SD Muhammadiyah Klaten Utara (Best Practise)
9. MAM (MBS Klaten) Fahmil Qur’an Putri
10. SDIPK MUH DELANGGU ( Azzam fatih makarim) IPA
11. SDI PK MUH DELANGGU (haikal pratama  sakti) ismu in arabic
12. SMK Muh 2 Jatinom (Desain Poster).
13. MAM (MBS Klaten) Tahfidz Qur’an Putra   DITAMBAH SMP TERANTUSIAS MENDAFTAR OLYMPICAD VII BANDUNG YAITU SMP MUHAMMADIYAH 1 Klaten. (Moch.Isnaeni)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply