Mangayubagyo Hari Jadi Klaten ke 219 dan HUT RI ke 78, Dewan Kesenian Gantiwarno Menggelar Festival Karawitan

 PENDIDIKAN BUDAYA


LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Dewan Kesenian (Wankes) Kecamatan Gantiwarno, Kabupaten Klaten akan menggelar festival karawitan yang diadakan di Kebon Budaya Kalijaga Desa Towangsan, Kecamatan Gantiwarno, Kabupaten Klaten pada Senin, (14/8/2023) mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai.

Wankes Kecamatan Gantiwarno menjadi satu-satunya kecamatan dari 26 kecamatan di Klaten yang menggelar festival karawitan untuk memeriahkan hari jadi ke-219 Kabupaten Klaten dan HUT ke-78 Kemerdekaan RI tahun 2023.

Ketua Wankes Kecamatan Gantiwarno, Bagas Subarno yang didampingi Sekretaris Wankes setempat, Purwanto Kaure Desa Muruh di sela-sela menata lokasi festival karawitan di Kebon Budaya Kalijaga Desa Towangsan, Kecamatan Gantiwarno, Sabtu, 12 Agustus 2023 menjelaskan, dari 16 desa di Gantiwarno yang ikut festival ada 11 paguyuban karawitan dari 11 desa.

Dikatakan, paguyuban karawitan yang ikut festival masing-masing Paguyuban Karawitan Sekar Harum Desa Muruh, Kridhowati Jogoprayan, Praja Mekar Budaya Jabung, Kartika Laras Katekan, Mulyo Laras Sawit, Srikandhi Laras Kragilan, Sentono Ngesti Budaya Ngandong, Ngudi Laras Mutihan, PKK Baturan, Kusuma Laras Gesikan dan Paguyuban Karawitan Sekarwono Desa Towangsan.

“Saat ini ada 5 desa yang belum ikut mengirimkan paguyuban karawitan ikut festival karawitan yakni Desa Gentan, Karangturi, Kerten, Mlese dan Desa Ceporan. Harapannya, pada masa mendatang dapat digelar festival karawitan lagi dan semua desa di Gantiwarno dapat ikut berpartisipasi,” katanya.

Bagas Subarno mengatakan, festival karawitan menghadirkan empat juri yakni dari unsur akademisi (Drs Nuryanto), Dewan Kesenian Kabupaten Klaten (Ki Suwito Radyo, SKar), Budayawan (Kristyanto, SKar) dan dari unsur Wankes Kecamatan Gantiwarno. Bagi para pemenang akan disediakan hadiah dan piagam penghargaan.

Salah satu dewan juri dari Dewan Kesenian Kabupaten Klaten, Ki Suwito Radyo, Skar pada rapat technical meeting yang diadakan di Kebon Budaya Kalijaga Desa Towangsan, Kecamatan Gantiwarno, Minggu, 6 Agustus 2023 mengapresiasi atas kegiatan festival karawitan yang diadakan Wankes Kecamatan Gantiwarno.

“Bahwa Wankes Kecamatan Gantiwarno ini satu-satunya Wankes Kecamatan yang ada di Klaten yang mengadakan festival karawitan,” kata Ki Suwito Radyo.

Ki Suwito Radyo bergarap, dengan festival karawitan yang diadakan Wankes Kecamatan Gantiwarno, kesenian karawitan sebagai salah satu kesenian tradisional dapat dikembangkan dan dilestarikan. Sehingga seni karawitan tetap dapat eksis di tengah merebaknya budaya asing akibat perkembangan teknologi yang semakin canggih. (Ist/Prokopim-klt)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply