Lomba Polisi Cilik Digelar Polres Klaten Ramaikan Peringatan Hari Jadi Satuan Polisi Lalu Lintas ke 68

 PENDIDIKAN BUDAYA

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Dalam rangka memperingati ke 68 tahun Satuan Polisi Lalu Lintas, hari Rabu (30/8/2023) Polres Klaten menyelenggarakan ” Lomba Polisi Cilik” tahun ,2023 yang diikuti oleh 26 kelompok perwakilan dari 26 wilayah kecamatan yang ada di kabupaten Klaten.  Lomba Polisi Cilik dilaksanakan di gedung Sunan Pandanaran, komplek Radio Siaran Pemerintah Daerah (RSPD) Klaten.

Setiap kelompok terdiri dari 30 sampai 35 siswa Sekolah Dasar perwakilan dari 26 wilayah kecamatan. Dengan dewan juri yang terdiri dari personil polisi lalu lintas Polres Klaten beserta staf Dinas Pendidikan Nasional Pemkab Klaten.

Disela sela perlombaan, Kapolres Klaten, AKBP Warsono kepada Lintassolorayanews.com menjelaskan, lomba Polisi Cilik hari ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari ulang tahun Satuan Polisi Lalu Lintas yang ke 68, dan juga persiapan untuk mengikuti lomba Polisi Cilik di tingkat Polda Jawa Tengah.

Selain untuk tujuan tersebut, lomba Polisi Cilik hari ini juga dalam rangka merubah image di dalam  masyarakat bahwa polisi itu adalah sosok yang menaikutkan di mata anak anak. Dengan lomba ini kita munculkan kesan bahwa polisi itu adalah sahabat anak dan dekat dengan masyarakat.

Selanjutnya, dijelaskan juga oleh Kapolres bahwa dengan lomba ini kita ingin membentuk karakter anak anak kita sebagai anak yang disiplin dan tegas. Mengetahui dan mengerti tata tertib lalu lintas dan menerapkannya di dalam kehidupan mereka.

” Dengan lomba Polisi Cilik ini kita berharap, anak anak ini tidak takut lagi dengan polisi, dan mereka dapat menjadi contoh mengenai ketertiban berlalu lintas khususnya dan keamanan dan ketertiban masyarakat pada umumnya..” ungkap AKBP Warsono.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Pemkab Klaten, Titin Windyarsih yang juga hadir pada gelaran lomba polisi cilik tersebut menyatakan memberikan apresiasi kepada jajaran kepolisian resort Klaten yang telah menyelenggarakan lomba Polisi Cilik hari ini. Dimana dengan mengikuti lomba Polisi Cilik ini, para siswa Sekolah Dasar dilatih dan dibentuk karakter mandiri, bertanggung jawab dan disiplin oleh para pelatihnya yaitu para personil polisi dari Polres Klaten.

” Saya berterima kasih dan memberikan apresiasi kepada Polres Klaten yang telah ikut mendidik anak anak kami menjadi anak anak yang berkarakter mandiri, tegas dan disiplin. Dan juga ke depan dapat menjadi contoh bagi teman temannya dalam tertib berlalu lintas dan tertib hukum di masyarakat..” jelas Titin Windyarsih.

Dukungan dan sambutan positif juga datang dari Kepala Desa Pundungan kecamatan Juwiring, Danang Setyawan. Kepada Lintassolorayanews.com, Danang Setyawan menyatakan menyambut gembira dan mendukung positif dilaksanakannya lomba Polisi Cilik oleh Polres Klaten hari ini.

” Siswa SD Negeri 1 Pundungan kecamatan Juwiring hari ini juga ikut menjadi peserta lomba Polisi Cilik. Mereka sudah berlatih keras selama kurang lebih sebulan, dibawah pelatih personil polisi dari Polsek Juwiring. Mereka dilatih untuk mandiri, tegas dan disiplin. Nilai nilai itu sangat berguna dalam kehidupan anak anak ke depan. Dan Pemerintah Desa Pundungan sangat mendukung adanya lomba ini. Pemerintah Desa Pundungan akan memberikan penghargaan kepada para siswa SD Negeri 1 Pundungan yang telah mengikuti lomba hari ini..” kata Danang Setyawan.(Jon’s)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply