Ketua IDI Klaten, Husen Prabowo Raih Gelar Doktor Ilmu Kesehatan Masyarakat dari UNS

 PENDIDIKAN BUDAYA


LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Klaten Muhammad Husen Prabowo berhasil meraih gelar doktor Ilmu Kesehatan Masyarakat dari Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

Husen  mempertahankan disertasinya di hadapan dewan penguji saat  ujian terbuka di Fakultas Kedokteran UNS, Selasa (1/8/2023) kemarin.

Dalam disertasinya berjudul Gambaran Biaya dan Tingkat Kualitas Hidup Penderita Diabetes Melitus dalam Program Prolanis Peserta Jaminan Kesehatan Nasional di Kabupaten Klaten Husen Prabowo berhasil mempertahankan didepan tim penguji.

“Penguji disertasinya terdiri dari tujuh orang, baik dari dalam maupun luar Fakultas Kedokteran UNS sendiri” katanya.

Saat ujian terbuka  kata Husen dihadiri perwakilan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Klaten, BPJS Kesehatan Boyolali dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten.

“Ada sejumlah direktur rumah sakit di Klaten hingga pengurus IDI Klaten dan se- eks Karesidenan Surakarta yang juga hadir” katanya.
Husen bersyukur karena telah selesai menjalani ujian terbuka promosi doktor. “Alhamdulillah sudah lulus. Harapannya mudah-mudahan dengan tercapainya gelar ini, tidak berhenti sampai di sini. Tetapi bisa lebih berkiprah dan memberikan manfaat lebih luas, bagi masyarakat” kata Husen usai ujian.

Menurut Husen dipilihnya disertasi itu karena dilatarbelakangi bahwa dalam setiap evaluasi ekonomi selalu dihadapkan berbagai permasalahan ke dalam suatu penyakit.

“Soal  pembiayaan kesehatan  tidak hanya menyangkut individu, tetapi masyarakat, dan bahkan negara” ujarnya.

Menurut Husen banyak negara menghadapi tantangan yang sama. Beban belanja kesehatan dari tahun ke tahun terus meningkat. “Salah satunya dari diabetes ini, sehingga perlu pengelolaan secara lebih komprehensif. Harapannya dampak yang mengakibatkan belanja kesehatan yang tinggi dapat dikendalikan,” terangnya.

Husen mengungkapkan, berapa pun biaya kesehatan yang disiapkan selalu kekurangan. Maka itu, dari hasil temuan dalam disertasinya itu dapat diimplementasikan para stakeholder.

Terutama bagi BPJS Kesehatan untuk melakukan monitoring dan evaluasi lebih intensif terkait capaian program.           Ketua PDM Klaten terpilih Iskak Sulistiya memberikan apresiasi yang tinggi keberhasilan Husen Prabowo.                                 

“Semoga ilmunya bermanfaat bagi masyarakat banyak di Klaten” kata Iskak di Klaten Rabu.  (Moch.Isnaeni)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply