Keluarga Besar Espero Kerja Bhakti Membersihkan Lingkungan Sekolah

 PENDIDIKAN BUDAYA

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Seluruh warga SMP Negeri 2 ( Espero ) Klaten melakukan kegiatan yang bisa dibilang  rutin dilakukan  setiap bulan yaitu kegiatan kerja bhakti dan gotong royong  membersihkan lingkungan sekolah. Kegiatan ini dilakukan pada hari Jumat ( 5/4/2024 )  dimana kegiatan ini juga merupakan himbauan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten.

Kegiatan ini dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai kelasnya. Kerja bhakti dan gotong royong ini diadakan untuk menumbuhkan kesadaran warga sekolah akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan,  hal ini  mengingat banyak sekali akibat yang akan terjadi  jika lingkungan kotor tak terawat salah satunya adalah berjangkitnya  penyakit demam berdarah.

“Di wilayah Klaten  sudah banyak kasus pasien DBD, tidak terkecuali ada diantara pasien tersebut merupakan siswa sekolah  menengah pertama ( SMP ).” kata Tonang Juniarta Kepala Espero  yang baru saja  dilantik bupati Klaten Hj. Sri Mulyani beberapa waktu yang lalu.

Menurut Tonang, penyakit demam berdarah  (DBD) ini bisa saja  disebabkan oleh nyamuk aides aigepti yang hidup pada genangan air, pada tempat-tempat tertentu maupun dari sampah yang dibuang oleh siswa itu sendiri.

“Dalam kegiatan ini, siswa juga diajarkan tentang cara menekan penyebaran DBD yaitu dengan cara 3M antara lain Mengubur, menguras dan menutup tempat penampungan air serta dengan  menaburkan bubuk abate di dalam genangan air” ujarnya.

Dikatakan dengan adanya kegiatan kerja bhakti dan  gotong royong ini diharapkan dapat mengurangi bahkan memutus mata rantai perkembang biakan nyamuk Aides Aigepti agar mengurangi kasus DBD di Klaten dan warga sekolah dapat melaksanakan KBM dengan baik tanpa merasa was-was terhadap perkembangan kasus demam berdarah tersebut.    

“Kegiatan kerja bhakti dan gotong royong warga sekolah ini juga untuk  mendukung terwujudnya sekolah Adiwiyata bagi Espero ” pungkasnya. 

Penulis. :  Moch.Isnaeni
Editor.   :   Sarjono

Author: 

Related Posts

Leave a Reply