Hari Ini UMKLA Ambil Sumpah Dan Wisuda Sebanyak 291 Tenaga Kesehatan

 PENDIDIKAN BUDAYA

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Universitas Muhammadiyah Klaten (UMKLA) hari Rabu (11/10/2023) menggelar sidang senat terbuka dengan agenda wisuda dan mengangkat sumpah tenaga kesehatan diploma III  dan sarjana di gedung Al-Mabrur kawasan Rumah Sakit Islam Klaten.

Acara Wisuda dan mengangkat sumpah tenaga kesehatan diploma III dan sarjana ini diikuti 291 lulusan dari lima program studi yang ada di UMKLA. Selain jajaran petinggi kampus ikut hadir Kepala LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah, Majelis Pendidikan Tinggi dan Litbang PP Muhammadiyah, Bupati Klaten yang diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan, Ketua DPRD, PWM, PDM Klaten, BPH UMKLA, Pimpinan Organisasi Profesi keehatan dan lainnya.

Wakil Rektor UMKLA, Sutaryono dalam laporannya menyampaikan,  berdasarkan SK UMKLA tentang penetapan yudisium lulusan UMKLA,  wisuda diikuti 291, dari jumlah tersebut 76 wisudawan dari sarjana keperawatan, 71 wisudawan dari profesi ners, 5 dari diploma bidan,  57 wisudawan diploma farmasi dan  82 wisudawan diploma keperawatan.

“Sampai saat ini UMKLA telah meluluskan  sebanyak 6008 lulusan, terdiri dari S1 keperawatan 1153 lulusan, pendidikan profess ners 1409 lulusan, D3 Keperawaan 1822 lulusan, D3 Kebidanan  1024 lulusan, D3 Farmasi 728 lulusan dan D3 Akutansi 232 lulusan”, jelas Sutaryono.

Rektor UMKLA Klaten,  Hj.Sri Sat Titi Hamranani  berharap agar semua lulusan UMKLA Klaten segera dapat mendedikasikan dan mengabdikan diri kepada masyarakat dengan menjalani profesinya di bidang pelayanan kesehatan baik itu pelayanan kesehatan milik pemerintah maupun swasta serta membuka layanan kesehatan mandiri yang sesuai dengan aturan organisasi profesinya.

” Untuk profesi ners, mereka harus lebih dahulu mengabdikan diri di tempat layanan kesehatan selama satu tahun untuk mendapatkan sertifikat sebagai ners. Selanjutnya mereka bisa menjadi pegawai, ASN maupun secara mandiri membuka layanan kesehatan untuk masyarakat..” ungkap Sri Sat Titi Hamranani.

Terkait dengan kampus UMKLA yang baru saja mendapatkan predikat “Baik Sekali” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi ( BAN PT),  Sri Sat Titi mengungkapkan, UMKLA Klaten senantiasa berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran kepada para mahasiswanya, dan tahun 2023 ini predikat Baik Sekali sudah diraih oleh Universitas yang secara  resmi baru berdiri dua tahun ini .

” Target kami, di tahun 2026 besok kami akan mencapai predikat kampus yang Unggul.  Program studi kesehatan yang kami miliki harus mencapai predikat unggul. Hal itu merupakan perjuangan keras seluruh civitas akademika kampus UMKLA, dimana untuk mencapai predikat unggul ini harus dibarengi dengan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga pengajar dengan melakukan penelitian dan kemudian mempublikasikannya ke jurnal jurnal internasional untuk mengejar point’ sebagai syarat untuk pengajuan kenaikan jabatan fungsional” lanjut Sri Sat Titi.

Sementara Ketua Badan Pengawas Harian UMKLA,  Prof.Dr. H.Wisnu Antoro mempunyai visi yang sama dengan Rektor UMKLA, dimana paling tidak lima tahun ke depan Universitas Muhammadyah Klaten harus sudah mencapai predikat unggul di semua program studi yang ada.

Para dosen harus meningkatkan kualitas pendidikannya dengan mengambil program pendidikan S3 dengan jabatan Lektor atau Lektor Kepala.

” Dengan jabatan Lektor Kepala, sudah bisa mengajukan kenaikan jabatan fungsional sebagai guru besar. Dengan memiliki guru besar yang banyak, kualitas pendidikan dan pengajaran di UMKLA akan semakin baik..” ungkap Wisnu Untoro.

Selain itu, Wisnu Untoro juga berharap agar UMKLA dapat segera membuka fakultas kedokteran.

” Karena kita sudah memiliki rumah sakit, kita berharap secepatnya kita dapat membuka fakultas kedokteran di UMKLA ini. Ini sesuai dengan amanat warga persyarikatan dua puluh tahun lalu yang berkeinginan kuat agar warga persyarikatan di Klaten ini segera memiliki Universitas Muhammadyah yang ada fakultas kedokteran di dalamnya..” pungkas Wisnu Untoro. ( Jon’s)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply