310 Mahasiswa Baru UMKLA Klaten Ikuti PKKMB Selama Tiga Hari

 PENDIDIKAN BUDAYA

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN –
Ratusan Mahasiswa Baru Angkatan 2023 Universitas Muhammadiyah Klaten mengikuti kegiatan  Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB). Rektor menyebut  selama mengikuti kegiatan di UMKLA para mahasiswa akan didik menjadi cendekiawan muslim yang andal dan bermartabat agar bermanfaat bagi masyarakat dengan menerapkan kurikulum OBE (Outcome Based Education).

Ketua Panitia PKKMB Masta, UMKLA , Cahyo Purnomo mengatakan kegiatan ini diikuti 310 mahasiswa baru dari total 485 mahasiswa yang terjaring dalam PMB 2023 Universitas Muhammadiyah Klaten .

“PKKMB digelar selama tiga hari dan ditutup dengan kegiatan outbound sebagai sarana refreshing dan edukasi para mahasiswa menguatkan rasa kebersamaan dalam acara tersebut”,katanya di kampus UMKLA, Selasa (3/10/2023).

Lebih lanjut dijelaskan, PKKMB tahun ini mengambil “tema membangun generasi cerdas dan islami , andal dan bermartabat yang berkemajuan, hal ini sesuai dengan visi misi UMKLA sebagai amal usaha Muhammadiyah dibidang pendidikan tinggi.

“Nah untuk itu diperlukan ruang bagaimana mahasiswa baru mengetahui tentang kebijakan kampus melalui kegiatan PKKMB, kami mengundang beberapa narasumber termasuk dari Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah dan Bawaslu Kabupaten Klaten”, jelasnya.

Rektor UMKLA, Sri Sat Titi Hamranani mengungkapkan para mahasiswa baru ini akan dididik sesuai dengan visi misi UMKLA menjadi seorang cebdekiawan muslim sesuai dengan bidang keahlian yang mereka miliki, dengan menguatamakn nilai-nilai islam sehingga akan bermanfaat dimasyarakat.

“Disamping pendidikan formal sesuai kurikulum yang telah mulai dilakukan peninjauan para mahasiswa selama di UMKLA juga akan dilakukan pembinaan al-islam dan kemuhammadiyahan, dengan berbagai kegiatan, mulai Masta, Darul Arqam, Latihan Dasar Kepemimpinan dan Baitul Arqam Purna Study”,ungkapnya.

Rektor menyebut UMKLA saat ini juga sudah mulai menerapkan Kurikulum Outcome Based Education Outcome-Based Education (OBE) dimana pendidikan yang berpusat pada outcome bukan hanya materi yang harus diselesaikan. OBE mengukur hasil pembelajaran (Outcome) dan memungkinkan siswa untuk mengembangkan keterampilan baru yang mempersiapkan mereka pada level global.

“Karena ada pengembangan kurikulum ditingkat nasional secara otomatis UMKLA terus melakukan penyesuaian agar tidak tertinggal dengan perkembangan global”,ucap Rektor. (Ist/Jon’s)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply