PKUB Kecamatan Se Kabupaten Banjarnegara Terbentuk    

 NASIONAL

                   

LINTASSOLORAYANEWS.COM / BANJARNEGARA – Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama ( FKUB ) Kabupaten  Banjarnegara  H.Musobihin, S.Ag.MM mengatakan bahwa baru saja terbentuk 20 Paguyuban Kerukunan Umat Beragama ( PKUB ) Tingkat Kecamatan se Kabupaten Banjarnegara.            

Pembentukan PKUB di 20  Kecamatan ini dimaksudkan sebagai wujud optimalisasi  peran FKUB, Pemerintah dan masyarakat dalam memelihara dan  ikhtiar untuk merawat kerukunan di masyarakat.

Sebagai wilayah yang penduduknya beragam dengan mobilitas tinggi, Kabupaten Banjarnegara ingin melestarikan nilai- nilai kehidupan yang luhur berdasarkan kerukunan, gotong royong  dan kekeluargaan terhindar dari  gesekan antar umat beragama.

“Oleh karena itu, peran Paguyuban Kerukunan Umat Beragama (PKUB) di tingkat kecamatan dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di tingkat kabupaten, sangat strategis sebagai wadah untuk merawat  kerukunan antar umat beragama.” katanya.

Hal  tersebut  disampaikan Musobihin saat  selesai membentuk  PKUB tingkat kecamatan se Kabupaten Banjarnegara di Pendopo Kabupaten setempat  ,  Selasa (28/11/2023)  yang dihadiri Camat, Kepala KUA, Ketua FKPD, tokoh lintas agama dan pengurus FKUB Kabupaten serta Forkompinda Banjarnegara.          

Musobihin berharap PKUB tingkat Kecamatan dapat membantu Pemerintah Kecamatan untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan umat beragama di wilayah masing-masing. Sehingga tercipta kerukunan dan keharmonisan umat beragama, untuk mendukung pembangunan daerah dan nasional.

“FKUB/PKUB berperan penting sebagai mitra konsultatif bagi Pemerintah dalam memberikan rekomendasi kebijakan terkait dengan persoalan kerukunan umat beragama. Melalui para tokoh agama yang sekaligus menjadi  contoh dan teladan di tempat masing-,masing” katanya.

Ketua FKUB Provinsi Jawa Tengah KH. Taslim Syahlan memberikan apresiasi atas terbentuknya PKUB Tingkat  Kecamatan se Kabupaten Banjarnegara ini.

‘Peran tokoh lintas agama dan pemuka masyarakat di lingkungannya masing-masing, diharapkan dapat menyampaikan nilai-nilai kebersamaan, jati diri bangsa yang santun, penuh toleransi dan prinsip-prinsip musyawarah,” katanya.

Taslim Syahlan  juga mengucapkan terimakasih kepada para tokoh agama atas kerjasamanya selama ini
sehingga  setiap daerah  tetap dalam situasi yang aman terkendali, dan  kondusif ini akan terus terpelihara di masa-masa mendatang.

“Dengan dibentuknya PKUB Kecamatan ini  dapat  memupuk rasa kebersamaan dan menumbuhkan rasa toleransi antar umat beragama. Kemudian meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa serta menumbuhkan rasa cinta tanah air dalam masyarakat dalam rangka memperkuat NKRI,” pungkasnya. (Moch.Isnaeni)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply