FKUB Kabupaten Cirebon Study Tiru ke FKUB Kabupaten Klaten Terkait Ikhtiar Rawat Kerukunan

 NASIONAL

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Rombongan Forum Kerukunan Umat Beragama ( FKUB )  Kabupaten Cirebon melakukan study banding dengan FKUB Kabupaten Klaten  diterima oleh Ketua FKUB , Kepala Kesbangpol dan jajaran pengurus FKUB  serta Kepala Kantor Kemenag Klaten Selasa ( 28/11/2023 ) di Aula Al-Ikhlas Kantor Kemenag Klaten.
KH.Syamsuddin Asyrofi selaku ketua FKUB Klaten dan jajarannya menyambut gembira dengan kunjungan tersebut untuk melihat secara dekat terkait program dan kegiatan FKUB Kabupaten Klaten.
Syamsuddin Asyrofi  menjelaskan, banyak program kegiatan yang sudah dilakukan dalam rangka menciptakan kerukunan umat beragama, dan upaya FKUB merawat kerukunan dengan berbagai inovasi.

Ketua FKUB Kabupaten  Cirebon  KH. Wawan Arwani Amin, MA menyatakan tujuan utamanya studi banding untuk mengetahui lebih jauh terkait ikhtiar merawat kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Klaten.
” Saya ingin belajar dan meniru apa yang ada di Klaten untuk diterapkan di Kabupaten  Cirebon,” ujarnya.
Banyak yang perlu ditiru, dari FKUB Klaten yang  sudah berhasil membentuk Paguyuban Kerukunan Umat Beragama ( PKUB) tingkat  Kecamatan dan Desa/Kelurahan belum lama ini.

” FKUB di Klaten ini cukup membanggakan, kita berharap ke depanya bisa meniru apa yang sudah berhasil dari kegiatan dan program kerja yang sudah berhasil dilaksanakan di Klaten “ujarnya.

Studi tiru dimaksudkan untuk penguatan wawasan terkait  kerukunan umat beragama dan  ikhtiar merawat kerukunan di masyarakat  sebagai mana diamanatkan  PBM 09 dan 08 Tahun 2006.  Sebagaimana diketahui pengurus  PKUB Desa/Kelurahan  di 401 Desa/Kelurahan se Kabupaten Klaten sebanyak 4.544 orang telah dikukuhkan Bupati Klaten  tanggal 16 Nopember 2022 yang lalu. FKUB Kabupaten Klaten melakukan pembinaan dan penguatan pengurus PKUB Kecamatan dan Desa/Kelurahan di 26 Kecamatan se Kabupaten Klaten dan terakhir di Kecamatan Bayat  Kamis ( 16/11/2023 ) dengan harapan peran- peran tokoh agama dan tokoh masyarakat dapat ditingkatkan dengan membangun sinergitas antar lembaga dan semua elemen bangsa. (Moch.Isnaeni

Author: 

Related Posts

Leave a Reply