BPIP Dan Komisi 2 DPR RI Sosialisasikan Pembinaan Ideologi Pancasila Di Hadapan FKUB Dan FKDM Kabupaten Klaten

 NASIONAL

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang  diwakili oleh Direktur Pengendalian, Muhammad Fachrurozi bersama nggota komisi 2 DPR RI dari FPKB, Mohammad Toha, S.Sos. M.Si. hari Sabtu (23/9/2023) melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupaten Klaten dengan mengangkat tema “Bangkit Bersama Membumikan Pancasila” bertempat di Griya Mbah Lurah, desa Pokak kecamatan Ceper Kabupaten Klaten.

Dalam kesempatan memberikan sambutan, Ketua FKUB Kabupaten Klaten, KH. Syamsudin Asrofi menyampaikan FKUB Kabupaten Klaten merupakan pioner dalam pembentukan Paguyuban Kerukunan Umat Beragama (PKUB) baik tingkat kecamatan maupun tingkat desa. Maka dari itu PKUB di kabupaten Klaten menjadi role model bagi upaya penciptaa kerukunan beragama di Indonesia.

” Saat ini sudah terbentuk 26 PKUB kecamatan dan 401 PKUB tingkat desa/kelurahan. Masing masing PKUB Desa / Kelurahan berusaha menciptakan kerukunan berbasis pontensi yang dimiliki oleh wilayah setempat, misalnya di daerah Jatinom, PKUB mewujudkan kerukunan berbasis budaya. Di daerah Prambanan, PKUB mewujudkan kerukunan berbasis agrowisata…” ungkap Syamsudin Asrofi.

Sedangkan Muhammad Fachrurozi dari BPIP menyampaikan, BPIP sebagai institusi yang dipercaya sebagai pembina Ideologi Pancasila senantiasa berusaha membumikan nilai nilai Pancasila kepada segenap warga negara. Bahkan saat ini BPIP sudah berhasil menyusun buku panduan pendidikan Pancasila untuk semua tingkatan pendidikan.

Sebagai upaya penanaman nilai nilai Pancasila kepada kalangan generasi muda, saat ini BPIP mengumpulkan seluruh alumni pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) untuk dijadikan sebagai Duta Pancasila dan tergabung dalam sebuah wadah DPPI (Duta Pancasila Paskibraka Indonesia).
” Semua alumni Paskibraka kita kumpulkan dan kita jadikan mereka sebagai duta Pancasila. Kita beri mereka wadah yaitu Duta Pancasila Paskibraka Indonesia..” ungkap Fachrurozi.

Sementara anggota komisi 2 DPR RI dari Fraksi PKB, Mohammad Toha dalam kesempatan tersebut menyampaikan agar warga masyarakat jangan mudah percaya kepada informasi yang ada di media sosial. Informasi yang ada di media sosial saat ini sudah banyak yang diplintir bahkan disesatkan agar bangsa ini mudah terpecah belah.

” Jangan mudah percaya dengan informasi di media sosial, karena saat ini informasi di media sosial sudah banyak diplintir dan menyesatkan dengan tujuan warga bangsa ini agar resah, dan mudah dipecah belah..” jelas Mohammad Toha.

Selanjutnya Mohammad Toha juga mengatakan proses revisi Undang Undang Desa dimana dalam revisi tersebut diperjuangkan adanya kedaulatan desa dalam mengelola keuangan dan Perbaikan kesejahteraan Kepala Desa, Perangkat Desa dan aparatur Pemerintah Desa.

” Terkait tambahan masa jabatan Kepala Desa, DPR sudah mengakomodasi dan saat ini kami (DPR) masih menunggu surat presiden yang berisi Daftar Inventarisir Masalah (DIM)tentang RUU Desa inisiatif DPR tersebut..” lanjut Mohammad Toha.

Pada sesi kedua yang dimulai pada pukul 13, BPIP dan anggota Komisi 2 DPR RI bertemu dengan Pengurus Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupaten Klaten, baik FKDM Kabupaten maupun FKDM kecamatan se wilayah kabupaten Klaten.

Dalam sambutannya, Ketua FKDM Kabupaten Klaten, H. Bambang Suprobo menyampaikan sesuai fungsinya FKDM kabupaten Klaten sampai FKDM tingkat Desa sudah melaksanakan tugas pokok dan fungsinya yaitu mencatat, menganalisa dan memberikan rekomendasi atas suatu potensi konflik yang kemungkinan akan terjadi dalam masyarakat.

Sebuah keberhasilan FKDM kabupaten Klaten adalah dalam rangka pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak kabupaten Klaten tahap 2 tahun 2023 kemarin yaitu memberikan rekomendasi kepada Pemkab Klaten atas berbagai kemungkinan dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa.

” Pada Pemilihan Kepala Desa serentak tahap 2 tahun 2023 di kabupaten Klaten dapat terlaksana dengan lancar, aman dan sukses..” jelas Bambang Suprobo. (Jon’s)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply