Selama Oktober sampai November 2023, Belasan Pengedar dan Pemakai Narkoba Terjaring Razia Satserse Narkoba Polres Klaten

 HUKUM

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Selama bulan Oktober sampai Minggu ketiga bulan November tahun 2023, Satuan Reserse Narkoba Polres Klaten berhasil amankan sejumlah lima belas pelaku baik pengedar maupun pemakai obat obatan terlarang yang masuk kategori sebagai narkotika baik itu berupa pil koplo, pil psikotropika, tembakau gorila, sabu sabu sampai ekstasi.

Hal ini terungkap dalam konperensi pers yang digelar oleh Polres Klaten pada hari Jum’at (24/11/2023) di aula Satya Haprabu Mapolres Klaten yang dipimpin oleh Wakapolres Klaten, Kompol Tri Wahyuni mewakili Kapolres Klaten, AKBP Warsono.

Kasat Res Narkoba Polres Klaten, AKP Hendro Satmoko, SH.MH dalam kesempatan tersebut menyampaikan, selama bulan Oktober sampai Minggu ketiga bulan November tahun 2023, Satuan Reserse Narkoba Polres Klaten berhasil amankan exhaimer atau pil koplo sebanyak 3.147 butir, psikotropika sejumlah 6 butir, ekstasi seberat 1,69 gram, sabu sabu seberat 7,71 gram dan tembakau sintetis atau tembakau gorila seberat 25,8 gram.

” Semuanya itu kalau dinilai nominalnya seharga Rp. 27.000.000..” jelas AKP Hendro Satmoko.
” Saat ini yang baru trend di kalangan pelajar di wilayah Jawa Tengah adalah pil ekshaemer atau pil koplo karena cara mendapatkannya mudah dan harganya relatif murah..” lanjutnya.

Lebih lanjut dijelaskan Hendro Satmoko, barang bukti tersebut berhasil diamankan dari beberapa tempat kejadian perkara (TKP) antara lain di wilayah kecamatan Wonosari, kecamatan Cawas, kecamatan Klaten Selatan, kecamatan Kebonarum, kecamatan Manisrenggo bahkan juga ditemukan barang bukti di wilayah kecamatan Berbah kabupaten Sleman.

Kepada para tersangka dijerat dengan Pasal 345 subsider pasal 346 ayat 2 Undang Undang Nomor 17 tahun 2023 dengan ancaman hukum pidana penjara selama 15 tahun.

Terkait upaya aparat penegak hukum dalam pencegahan peredaran obat terlarang maupun narkoba, menurut Hendro Satmoko, diantaranya polres Klaten sudah memiliki program polisi ke sekolah yang dilaksanakan pada setiap hari Senin dengan menjadi pembina upacara yang diisi dengan pembinaan dan himbauan agar para siswa menjauhi minum minuman keras, mengkonsumsi obat obatan terlarang maupun narkoba. (Jon’s)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply