Satlantas Polres Klaten Mulai Terapkan Jalur S Untuk Ujian Praktek SIM C

 HUKUM

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Mulai hari Senin (7/8/2023) Satuan Lalu Lintas Polres Klaten sudah mulai menerapkan aturan baru dalam pelaksanaan ujian praktek pembuatan Surat Ijin Mengemudi (SIM) C. Mulai kemarin, pelaksanaan ujian praktek SIM C tidak lagi melewati jalur zig zag maupun angka delapan lagi tetapi sudah melewati jalur S dan juga semua rambu rambunya sudah disesuaikan dengan aturan baru dari Kepala Korps Lalu Lintas Mabes Polri.

Kepala Kepolisian Resort Klaten AKBP Warsono melalui Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Klaten, AKP Sugiyanto kepada Lintassolorayanews.com menjelaskan, sesuai dengan arahan dari Kakorlantas Mabes Polri bahwa untuk pelaksanaan ujian praktek SIM C mulai hari Senin tanggal 7 Agustus di semua jajaran Satuan Lalu Lintas Polri sudah harus berubah, tidak lagi melewati jalur zig zag maupun angka delapan tetapi harus dirubah dengan melewati jalur huruf S dengan rambu rambu yang baru. Hal itu dimaksudkan untuk mempermudah warga masyarakat dalam memperoleh Surat Ijin Mengemudi (SIM) C.

Lebih lanjut dijelaskan oleh AKP Sugiyanto, diharapkan dengan perubahan jalur ujian praktek SIM C ini warga masyarakat lebih antusias untuk mencari SIM dan kemudian berakibat pada perilaku tertib berlalu lintas di jalan raya juga meningkat sehingga angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas semakin menurun.

” Dengan adanya perubahan jalur ujian praktek SIM C, rata rata perhari warga yang ikut ujian untuk mendapatkan SIM di Polres Klaten sekitar 7 sampai 9 orang. Dan ini akan naik pada saat musim liburan kenaikan kelas…” ungkap AKP Sugiyanto.

Menurut AKP Sugiyanto, perubahan jalur ujian praktek SIM ini hanya berlaku untuk SIM C atau untuk kendaraan roda dua, sementara untuk kendaraan roda empat atau lebih masih menggunakan pola dan aturan yang lama. (Jon’s)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply