Hari Ini Gelar Pasukan Operasi Zebra Candi ‘2023 Di Polres Klaten

 HUKUM

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Polres Klaten hari Senin (4/9/2023) pagi melaksanakan Gelar Pasukan dalam rangka pelaksanaan Operasi Zebra Candi ‘2023 dengan tema ” Keamanan Keselamatan Ketertiban Dan Kelancaran Lalu Lintas ( Kamseltibcar Lantas) Yang Kondusif  Menuju Pemilu Damai 2024″ di halaman Polres Klaten dan dipimpin oleh Wakapolres Klaten Kompol Tri Wahyuni mewakili Kapolres Klaten, AKBP Warsono.

Apel gelar pasukan diikuti oleh jajaran kepolisian Polres Klaten, Personil TNI dan Personil Dinas Perhubungan Kabupaten Klaten.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Klaten, AKP Sugiyanto kepada Lintassolorayanews.com menjelaskan,  Operasi Zebra Candi tahun 2023 ini dilaksanakan mulai hari ini, Senin tanggal 4 September sampai hari Minggu tanggal 17 September 2023. Operasi Zebra Candi Tahun 2023 dilaksanakan dengan metode penegakan hukum menggunakan Elektronik Traffict Law Enforcement (ETLE) terhadap suatu pelanggaran hukum di bidang lalu lintas.

Adapun tujuan dilaksanakannya Operasi Zebra Candi tahun 2023 ini adalah dalam rangka menekan angka kecelakaan lalu lintas dan meningkatkan kesadaran tertib berlalu lintas kepada para pengendara kendaraan bermotor.

” Sebagaimana diketahui, angka kecelakaan lalu lintas di wilayah Polda Jawa Tengah tahun 2022 lalu sekitar 500 kejadian kecelakaan, dan di wilayah hukum Polres Klaten sendiri tahun lalu angka kecelakaan lalu lintas sebesar 21 kejadian. Dengan dilaksanakannya Operasi Zebra Candi tahun 2023 ini diharapkan akan terjadi penurunan angka kecelakaan lalu lintas..” jelas AKP Sugiyanto.

Lebih lanjut dijelaskan AKP Sugiyanto, dalam pelaksanaan Operasi Zebra Candi tahun 2023 ini, Polres Klaten menerjunkan sebanyak 88 personil yang terdiri dari personil satuan tugas preemtif, satuan tugas seleksi, satuan tugas penegakan hukum, satuan tugas kesehatan dan satuan tugas humas.

Dalam upaya menekan angka kecelakaan lalu lintas dan juga upaya meningkatkan kesadaran tertib berlalu lintas, Polres Klaten juga mencanangkan program “Polisi Mengajar”, dimana setiap hari ada personil kepolisian Polres Klaten yang diterjunkan ke sekolah sekolah, baik itu SD, SMP maupun SMA/SMK untuk memberikan pembelajaran mengenai ketertiban berlalu lintas di jalan raya dan juga penyuluhan mengenai Kamtibmas serta pencegahan penggunaan obat terlarang maupun narkoba kepada anak siswa sekolah. (Jon’s)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply