Gara Gara Tali Pancing Nyangkut di Semak Semak, Warga Kalikebo Trucuk Ini Harus Berurusan Dengan Hukum

 HUKUM

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Berniat ingin melepas tali senar pancingnya yang tersangkut semak hutan rakyat di dukuh Batilan desa Krakitan kecamatan Bayat, AR (19) warga desa Kalikebo, kecamatan Trucuk kabupaten Klaten harus berurusan dengan hukum di Polres Klaten.

Demikian diungkapkan Kapolres Klaten, AKBP Warsono pada komperensi pers ungkap kasus pembakaran hutan milik Perhutani di dukuh Batilan desa Krakitan kecamatan Bayat, di Mapolres Klaten, hari Senin (23/10/2023).

Bermula dari niat AR yang ingin mancing di Rowo Jombor bersama seorang temannya. AR dan temannya mengendarai motor dari desa Kalikebo menuju Rowo Jombor di desa Krakitan kecamatan Bayat. Sesampai di wilayah hutan rakyat dukuh Batilan desa Krakitan, tali pancing milik AR  menyangkut semak semak.

Kemudian AR turun dari motor dan berusaha melepas tali pancingnya dengan menarik narik tali pancing, tetapi tidak kunjung bisa lepas. Karena merasa geregetan, AR kemudian menyulut korek api gas yang dibawanya untuk membakar semak dimana tali pancingnya nyangkut. Setelah tali pancing lepas, AR dan temannya pergi begitu saja meninggalkan semak yang sudah terbakar. Api semakin membesar sehingga semak yang terbakar semakin luas.

Petugas keamanan hutan rakyat Perhutani mendapat laporan adanya kebakaran dan informasi orang yang dicurigai sebagai pelaku pembakaran, langsung melakukan langkah mengamankan pelaku yang kemudian diajak ikut melakukan pemadaman di lokasi kebakaran.

Selanjutnya AR diserahkan ke Polres Klaten untuk dilakukan proses hukum. Karena perbuatannya tersebut, AR dijerat dengan  Pasal 50 ayat 2b Jo  pasal  75 ayat 4 subsider pasal 50 ayat 2 Jo pasal 78 ayat 5 UU Nomor 6 tahun 2023 dengan ancaman hukuman maks. 5 tahun penjara.

Dalam kesempatan konperensi pers tersebut, Kapolres menghimbau agar warga masyarakat berhati hati dan waspada dengan kondisi musim kemarau yang berkepanjangan ini.

” Warga jangan sembarangan membuang puntung rokok, jangan melakukan pembakaran sampah dengan sembarangan. Api sekecil apapun bila bersentuhan dengan semak atau daun yang kering akan mudah membesar..” (Jon’s)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply