Pemkab Klaten Persiapkan Detail Pengoperasionalan Pasar Gede Sebelum Diresmikan Presiden

 EKONOMI & BISNIS

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Menjelang peresmian proyek revitalisasi bangunan Pasar Gede Klaten, Pemkab Klaten berupaya mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Hari ini Jum’at (25/8/2023) Sekda Kabupaten Klaten, Jajang  Prihono meninjau kesiapan pasar gede kota Klaten dengan melihat dari dekat proses penataan pedagang, kondisi kebersihan pasar dan kesiapan sarana dan prasarana pasar.

Sekda kabupaten Klaten, Jajang Prihono kepada Lintassolorayanews.com menjelaskan hari ini kita membawa  seluruh OPD terkait dengan pasar gede, antara lain DKUKMP, PUPR, Dishub, DLHK dan juga Satpol PP untuk melihat dari dekat kesiapan sarana dan prasarana pasar gede sebelum diresmikan.

” Kita minta bidang Perdagangan untuk segera menata para pedagang yang masih di bawah untuk dapat segera naik ke lantai dua atau tiga, agar pasar gede makin ramai…” kata Jajang.

Selanjutnya dijelaskan juga, untuk menunjang pengelolaan operasional pasar gede diperlukan anggaran yang tidak kecil, diantaranya untuk mengelola kebersihan dan keamanan pasar. Sementara Pemerintah Kabupaten Klaten memiliki keterbatasan anggaran sehingga diperlukan partisipasi para pedagang dalam hal pengelolaan pasar gede terutama untuk sektor kebersihan dan keamanan.

” Perlu swadaya yang maksimal para pedagang pasar agar tercipta suasana pasar yang bersih dan aman. Pemkab sendiri memiliki keterbatasan anggaran dan tidak bisa mengkover seluruh anggaran operasional pasar gede ini. Untuk sektor kebersihan dan keamanan pasar, saya kira kita perlu membahas ini dengan para pedagang melalui Paguyuban Pedagang Pasar Gede..” jelas  Jajang.

Menanggapi apa yang disampaikan. Sekda Kabupaten Klaten tersebut, Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Gede Klaten, Suyadi menyatakan bahwa para pedagang di pasar gede bisa memahami apa yang disampaikan Sekda. Para pedagang juga siap menerima apapun yang menjadi kebijakan Pemkab Klaten, termasuk bila diminta untuk swadaya membiayai operasional pasar gede, terkhusus untuk sektor kebersihan dan keamanan.

” Memang untuk dapat menarik pengunjung atau pembeli, suasana pasar harus bersih dan aman maka kita akan menerima apa yang akan menjadi kebijakan Pemkab terkait hal itu..” jelas Suyadi.

Sementara untuk rencana peresmian Pasar Gede, menurut Jajang Prihono masih menunggu hasil koordinasi antara dinas PUPR dengan Kementrian PUPR.

” Memang rencananya yang akan meresmikan pasar gede Klaten adalah bapak Presiden Joko Widodo, namun kita sampai saat ini masih menunggu informasi dari koordinasi kementrian PUPR dengan Kementrian Sekretaris Negara kapan bapak Presiden memiliki waktu yang tepat untuk meresmikan pasar Gede Klaten..” ungkap Jajang Prihono.(Jon’s)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply