Warga Gantiwarno Antusias Nonton Gelar Budaya Kesenian Reog Oleh Disbudporapar Klaten Di Desa Mlese

 DAERAH

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Klaten bersinergi dengan Pemerintah Kecamatan Gantiwarno dan Pemerintah Desa Mlese kecamatan Gantiwarno hari Kamis (9/11/2023) sore menyelenggarakan “Gelar Budaya Kesenian Reog dan Gebyar UMKM” di lapangan desa Mlese dengan menampilkan kelompok kesenian reog “Kudho Pamungkas Singo Manggolo” dari desa Jabung kecamatan Gantiwarno.

Kegiatan tersebut adalah program bupati Klaten dalam rangka ” nguri uri” seni budaya tradisional yang tumbuh dan berkembang di dalam masyarakat warga kabupaten Klaten.

Acara gelar budaya kesenian reog dan gebyar UMKM hari ini dihadiri oleh Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Pemerintahan Sutopo, Camat Gantiwarno, V. Retno Setyaningsih, Kepala KUA Kecamatan Gantiwarno dan seluruh Kepala desa se wilayah kecamatan Gantiwarno.

Kepada Lintassolorayanews.com, Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Pemerintahan, Sutopo menjelaskan kegiatan Gelar Budaya Kesenian Reog dan Gebyar UMKM yang diselenggarakan di lapangan desa Mlese ini merupakan program dari bupati Klaten, Hj. Sri Mulyani dalam rangka upaya bersama menjaga dan melestarikan bentuk kesenian tradisional yang tumbuh dan berkembang di dalam masyarakat kabupaten Klaten.

Selanjutnya, bupati sebagaimana disampaikan Sutopo, berharap agar warga masyarakat tetap menjaga kerukunan, persatuan dan kesatuan di dalam menyambut tahun politik yaitu Pemilihan legislatif dan pemilihan presiden yang akan dilaksanakan besok tanggal 14 Februari tahun 2024.

” Harapan ibu bupati, warga masyarakat tetap menjaga rasa persatuan, persaudaraan dan kerukunan dalam menghadapi pemilu yang akan dilakukan tanggal 14 Februari tahun 2024 besok..” ungkap Sutopo.

Sementara Camat Gantiwarno, V. Retno Setyaningsih menyatakan, sangat bersyukur dan berterima kasih bahwa warga masyarakat kecamatan Gantiwarno sangat antusias menyaksikan pergelaran kesenian reog dan gebyar UMKM di lapangan desa Mlese hari Kamis sore ini.

” Sore ini Pemerintah Kecamatan Gantiwarno bersama Pemerintah Desa Mlese bersinergi dengan Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbuporapar) Kabupaten Klaten menyelenggarakan Gelar budaya kesenian reog dan gebyar UMKM di lapangan desa Mlese. Alkhamdulillah sambutan warga masyarakat sangat bagus yang dibuktikan dengan banyaknya warga yang berbondong bondong menonton pertunjukan kesenian reog yang dimainkan oleh kelompok kesenian reog “Kudho Pamungkas Singo Manggolo” dari desa Jabung.” ungkap V. Retno Setyaningsih.

” Warga sangat antusias menonton kesenian reog ini seperti terobati kerinduan mereka terhadap hiburan berupa pertunjukan kesenian reog, setelah selama kurang lebih tiga tahun tidak ada pertunjukan kesenian akibat dari munculnya pandemi Covid 19 kemarin…” lanjut Retno Setyaningsih. (Jon’s)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply