Warga Barepan Kulon Laksanakan Pemilihan Ketua RT dan Ketua RW Dengan Coblosan Ala “Pilpres”

 DAERAH

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Suasana pemilihan Ketua RW dan RT di Dukuh Barepan kulon Desa Barepan Kecamatan Cawas Klaten pada Minggu (5/11/2023) ini terbilang cukup unik. Pasalnya daerah yang terletak di selatan kabupaten Bersinar ini melakukan pemilihan ketua RW/ RT seperti laiknya coblosan Pemilihan Umum.

Warga yang sudah memiliki hak pilih datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) sembari membawa undangan yang telah dibagikan sebelumnya kemudian mengisi daftar hadir. Kemudian, satu per satu dipanggil untuk masuk ke Joglo yang didesain sebagai bilik suara.

Setelah menentukan pilihannya dengan menyoblos di kartu pemilihan, lalu dimasukkan ke dalam kotak suara. Tak hanya itu, pemilih juga harus menempelkan jarinya di stempel tinta sebagai bukti sudah menggunakan hak pilihnya.

Ketua panitia pelaksana, Dian Eko Prasetyo mengatakan, pemilihan sengaja dibuat persis seperti Pemilu. Ia katakan hal ini merupakan yang pertama kalinya. Tujuannya  sebagai edukasi masyarakat agar pada Pemilu 2024 nanti bisa ikut menentukan nasib bangsa dengan memilih calon wakil rakyat.

Menurutnya, pemilihan RT dan RW ini memang berbeda, karena pada umumnya pemilihan ketua RT dan RW dipilih langsung melalui musyawarah perwakilan warga tanpa adanya pesta demokrasi layaknya pemilu. 

Dikatakannya, dalam pemilihan ini, ada tujuh calon kandidat dimana  memperebutkan jabatan selama enam tahun kedepan.

“warga dapat berpartisipasi secara langsung dalam menentukan calon pemimpin di lingkungannya untuk mengatur roda pemerintahan paling dasar di negeri ini,” ujarnya.

Pada pemilihan tahun ini, lanjutnya, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) ada 238 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 168 orang menggunakan hak pilihnya dan yang tidak datang ada 42 orang. Sementara ada 28  suara yang rusak. (Ist/red)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply