Upaya Tingkatkan PAD, Pemdes Jimbung Lantik Pengurus Baru BUMDes “Sidoguro”

 DAERAH

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Guna memaksimalkan upaya peningkatan Pendapatan Asli Desa (PAD), Pemerintah  Desa Jimbung kecamatan Kalikotes hari Kamis (21/9/2023) melakukan pelantikan pengurus baru Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sidoguro desa Jimbung  sekaligus dilantik juga Badan Pengawas BUMDesa Sidoguro desa Jimbung di aula kantor desa Jimbung.

Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Jimbung, Widodo Wimar Gozali kepada Lintassolorayanews.com menyatakan, karena kinerja pengurus BUMDes desa Jimbung yang lama kurang  sesuai dengan harapan karena pada setiap kegiatan tidak maksimal maka pada hari ini Pemerintah Desa Jimbung melakukan musyawarah desa yang hasilnya adalah pembentukan pengurus baru BUMDes Sidoguro desa Jimbung sekaligus penyusunan Badan Pengawas BUMDes Sidoguro desa Jimbung.

Adanya penyegaran pengurus BUMDes ini menurut Widodo Wimar Gozali semata hanya untuk menggali potensi yang dimiliki desa Jimbung yang kemudian sebagai upaya meningkatkan Pendapatan Asli Desa. Diharapkan dengan naiknya PAD akan naik pula kesejahteraan warga masyarakat desa Jimbung.

Sementara Plt. Camat Kalikotes, Veronica Retno Setyaningsih yang hadir pada acara pelantikan pengurus baru BUMDes Sidoguro desa Jimbung tersebut kepada Lintassolorayanews.com menjelaskan,  sebagai salah satu upaya meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat adalah dengan meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PAD). Dan salah satu sarana untuk meningkatkan PAD adalah dengan memaksimalkan kinerja BUMDes dalam menggali dan mengembangkan potensi yang dimiliki desa sehingga memiliki nilai ekonomi.

BUMDes, lanjut Veronica Retno, bila ditangani oleh orang yang tepat niscaya akan dapat berkembang dan maju sehingga memberikan masukan berupa Pendapatan Asli Desa (PAD).

” Dengan dilantiknya pengurus dan badan pengawas baru BUMDes Sidoguro desa Jimbung hari ini, semoga pengurusnya amanah sehingga BUMDes Sidoguro dapat segera mewujudkan harapan warga masyarakat desa Jimbung yaitu naiknya pendapatan asli desa dari sektor hasil usaha BUMDes…” ungkap Veronica Retno.

Selanjutnya Veronica Retno Setyaningsih meminta agar BUMDes Sidoguro desa Jimbung segera memiliki badan hukum agar ada kepastian hukum dalam berkegiatan. Selain itu, agar asset yang sudah dimiliki oleh BUMDes juga dapat dilindungi dan dapat dipertanggungjawabkan kepada warga masyarakat.

” Bila BUMDes sudah memiliki badan hukum, kinerja pengurus  bisa dipertanggung jawabkan kepada warga masyarakat melalui Rapat Anggota Tahunan (RAT)…” lanjutnya. (Jon’s)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply