Upaya Pencegahan Stunting dan Anemia, RS Bagas Waras Lakukan Penyuluhan Kepada Kelompok Remaja Putri Desa Gemblegan

 DAERAH

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN — Rumah Sakit Bagas Waras (RSBW) menggelar penyuluhan kesehatan bagi remaja putri di Dukuh Prigi Kulon, Desa Gemblegan, Kalikotes, Kamis (2/11/2023). Kegiatan ini digelar sebagai langkah pencegahan terhadap stunting dan anemia pada remaja putri.

Kegiatan tersebut merupakan inovasi RSBW yang terangkum dalam Pesta Remaja atau Pencegahan Stunting dan Anemia Pada Remaja. Kabid Penelitian, Pengembangan, Hukum dan Kehumasan RSBW, Joko Istanto mengatakan kegiatan ini menyasar remaja putri yang merupakan calon ibu di masa depan.

“Sebagai calon ibu di masa depan, kesehatan remaja putri perlu menjadi perhatian,” ungkapnya.

Menurutnya pencegahan anemia pada remaja putri tersebut sama penting dengan mencegah stunting pada anak. Hal ini lantaran anemia pada remaja putri mempengaruhi kesehatan saat menjadi ibu di masa mendatang.

“Saya mengapresiasi kepada para remaja putri yang sudah hadir, terima kasih atas semangat yang luar biasa. Remaja putri harus memperhatikan kesehatan terutama dalam pencegahan anemia sedini mungkin,” paparnya.

Kegiatan tersebut diisi dengan penyuluhan pencegahan anemia, gim hidup sehat, pengecekan hemoglobin, dan minum bersama tablet tambah darah.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Instalasi Gizi RSBW, Nurhayati menyampaikan pencegahan stunting dapat dilakukan dengan memperhatikan pola makan dan asupan nutrisi pada makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

“Sebagai remaja, sedini mungkin harus memperhatikan kesehatan untuk mencegah anemia. Pencegahan bisa dimulai pada diri sendiri, seperti menjaga pola makan dan rutin berolahraga. Anemia yang diderita remaja saat ini berasal dari tinggi gula, garam berlebih, berlemak yang dikonsumsi secara berlebihan. Kurang nutrisi dari buah dan sayur. Pentingnya menjaga pola makan untuk mencegah anemia remaja ini,” jelasnya. (Ist/Kominfo-klt)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply