Uji Publik KIP Award Klaten 2023 Dimulai, Tim Juri Didatangkan dari UNS dan Praktisi Jurnalistik

 DAERAH

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) melaksanakan pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik atau KIP Award  2023 bagi badan dinas termasuk kecamatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Klaten.

Pemeringkatan KIP 2023 di lingkungan Pemerintah Kabupaten Klaten diikuti oleh 26 kecamatan dan 24 badan dinas.  Penilaian meliputi aspek kelembagaan layanan informasi publik dan sarana prasarana dukung, tatakelola, kinerja pemberitaan dan kinerja media sosial.

Tahapan penilaian meliputi penilaian mandiri pengisian atau  self assessment quisonnary (SAQ) dan penilaian visitiasi,  dan uji  publik bagi enam masing – masing  badan dinas dan kecamatan.

Kepala Diskominfo Klaten Amin Mustofa mengatakan untuk memberikan penilaian komprehensif di uji publik Diskominfo Klaten menghadirkan tim penilai baik dari akademisi, jurnalis dan pelaku birokrasi.

“Suatu kehormatan bagi jajaran Pemkab Klaten, uji publik KIP Award 2023 ini bisa menghadirkan sejumlah tokoh penting.  Ada Drs Wahyu Nurharjadmo M.Si,  beliau dosen Fisipol UNS Surakarta. Lalu Sri Warsiti, seorang wartawan senior Kedaulatan Rakyat. Dan ada Surti Hartini SH CN, beliau Asisten Administrasi Setda Klaten. Kami berharap uji publik tahun 2023 bisa lebih komprehensif” jelasnya.

Terkait peserta uji publik, Amin Mustofa lulusan Ilmu Statistik UGM Yogyakarta itu menambahkan ada yang berbeda dalam KIP 2023 yang sudah kali kedua dilakukan ini. Pembeda itu adalah ditambahkannya uji publik.

“Dalam uji publik diharapkan ada transformasi informasi.  Sudut pandang pelaku birokrasi itu bisa ada perbedaan dengan dunia akademisi atau para jurnalis.  Semoga menjadi forum diskusi yang kontruktif” pungkasnya.

Setelah melalui tahap penilaian mandiri pengisian atau  self assessment quisonnary (SAQ) dan penilaian visitiasi,  tim penilai KIP Award 2023 memutuskan masing-masing  6 badan publik atau organisasi perangkat daerah badan dinas dan kecamatan yang lolos untuk mengikuti uji publik.

Badan publik itu adalah Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Setda, DPUPR, Bapedalitbang dan Disbuporapar Klaten.

Sedang enam kecamatan yang lolos mengikuti uji publik adalah Klaten Selatan, Ngawen Klaten, Utara, Pedan, Karangdowo dan Prambanan. (Ist/ kominfo-klt)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply