Sosialisasikan Pencegahan Stunting, UPPKH Kecamatan Jogonalan Gelar Lomba “Isi Piringku”

 DAERAH

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Unit Pelaksana Program Keluarga Harapan (UPPKH) Kecamatan Jogonalan hari Sabtu (26/8/2023) menyelenggarakan lomba menyajikan masakan “Isi Piringku” bertempat di gedung pertemuan desa Rejoso kecamatan Jogonalan.  Masakan yang disajikan adalah makanan yang memenuhi standar empat sehat lima sempurna dan bergizi seimbang yang berguna sebagai upaya pencegahan stunting.

Lomba yang mengambil tema ” Cegah Stunting Untuk Menjadi Anak Tinggi, Sehat dan Cerdas” tersebut menyajikan masakan empat sehat lima sempurna dan bergizi seimbang. Lomba kali ini diikuti oleh sepuluh kelompok dari sepuluh desa di wilayah kecamatan Jogonalan.Para peserta merupakan kelompok ibu ibu penerima Program Keluarga Harapan (PKH) di desanya masing masing.

Tim Pendamping PKH Kecamatan Jogonalan, melalui salah satu tenaga pendamping PKH, Yuli Kuspriyanti kepada Lintassolorayanews.com menyatakan, lomba menyajikan masakan sehat dan bergizi “Isi Piringku” hari ini diselenggarakan oleh UPPKH Kecamatan Jogonalan dan diikuti oleh sepuluh kelompok ibu ibu penerima manfaat program PKH dari sepuluh desa di kecamatan Jogonalan.

Lomba ini dimaksudkan sebagai salah satu upaya membiasakan ibu ibu dalam menyajikan masakan dengan menyajikan masakan yang sehat dan bergizi, yang sangat baik sebagai asupan bagi ibu hamil maupun balita untuk mencegah munculnya kasus stunting dalam sebuah keluarga.

Dengan asupan makanan yang memenuhi standar empat sehat lima sempurna dan bergizi seimbang ketika bayi masih dalam kandungan dan bayi di bawah umur lima tahun, diharapkan nantinya akan tumbuh menjadi generasi yang sehat, tumbuh tinggi dan juga cerdas, lanjut Yuli.

Sementara Ketua Komisi 1 DPRD Kabupaten Klaten, Eko Prasetyo yang hadir dalam kesempatan tersebut menyatakan, dengan asupan makanan yang baik dan bergizi seimbang sejak bayi masih dalam kandungan, diharapkan kelak akan tumbuh menjadi generasi yang sehat, tangguh, cerdas.

” Maka dari itu, saya sangat mendukung adanya lomba menyajikan masakan “Isi Piringku” yang diadakan oleh teman teman pendamping PKH ini. Dengan adanya lomba ini sangat penting bagi upaya pencegahan stunting. Di samping itu juga untuk menggali potensi ibu ibu untuk mengembangkan usaha kecil di bidang kuliner..” jelas Eko Prasetyo.

” Program PKH ini adalah program dari pemerintahan  presiden Jokowi yang sangat baik dan berguna bagi warga masyarakat. Dan ini perlu dilanjutkan…” lanjut Eko Prasetyo.

Sebagai tim juri dalam lomba menyajikan masakan “Isi Piringku” hari ini adalah ahli gizi dari Puskesmas Jogonalan, Kasie PPM dari Kecamatan Jogonalan dan juri selanjutnya dari Tim Penggerak PKK Kecamatan Jogonalan.

Selain Eko Prasetyo, terlihat hadir dalam lomba hari ini antara lain Sumardi, Kepala Desa Rejoso beserta ibu, Koordinator Tenaga Pendamping PKH Kabupaten Klaten, Theo Markis, Kasie PPM Kecamatan Jogonalan, Yenni Dwi Lestari, Koordinator Tenaga Pendamping Kecamatan Jogonalan, Intan .

Adapun hasil lomba menyajikan masakan Isi Piringku hari ini pemenang pertama adalah kelompok ibu ibu penerima manfaat PKH dari desa Rejoso. Selanjutnya pemenang kedua adalah kelompok ibu ibu penerima manfaat PKH dari desa Bakung. Dan pemenang ketiga adalah kelompok ibu ibu penerima manfaat PKH dari desa Plawikan. (Jon’s)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply